Motor

Polisi Mulai Tindak Pemotor yang Berkendara Sambil Merokok, Joss!

Pelanggar sudah mencapai 652 kasus

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya Melakukan Razia. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)
Ilustrasi Polisi Lalu Lintas Polda Metro Jaya Melakukan Razia. (Suara.com/Kurniawan Mas'ud)

Mobimoto.com - Hal tak mengenakkan di jalan raya yang sering dialami pemotor antara lain terkena polusi dari saluran gas buang. Selain itu asap dan abu rokok dari pengendara lain pun ikut mengganggu. 

Kabar baiknya, mulai kini diterapkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) nomor 12 tahun 2019. Sisinya mengatur tentang perlindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kini tengah melakukan operasi tilang bagi pengendara motor yang merokok, dengan acuan Permenhub Nomor 12 tahun 2019. Hasilnya, ratusan pengendara kendaraan motor ditilang polisi. Sejak paruh bulan lalu (11/3), 652 pengendara ditindak.

"Pelanggar sudah mencapai 652 kasus dari aspek mengganggu konsentrasi dan tidak wajar," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir saat dikonfirmasi, Senin (1/4/2019).

Pengendara motor ditilang (Instagram @bidhumaspoldasuteng)
Pengendara motor ditilang [Instagram @bidhumaspoldasuteng].

Jumlah pelanggar tadi dikenakan Pasal 283 atas pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Ancamannya kurungan tiga bulan penjara atau denda Rp 750.000.

"Sebanyak 652 pelanggar dikenakan denda Rp 750 ribu. Urus denda di pengadilan atau bayar melalui Bank BRI," jelas Kompol Muhammad Nasir.

Penindakan tilang ini bakal diterapkan aparat kepolisian sebagaimana aturan Kementerian Perhubungan yang mengeluarkan larangan merokok saat warga mengendarai sepeda motor.

Aturan ini tertuang dalam Permenhub RI Nomor 12 tahun 2019 dan resmi digulirkan sejak 11 Maret 2019. Di wilayah hukum Polda Metro Jaya sendiri, penindakan merokok saat berkendara sudah berjalan.

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Berita Terkait

Berita Terkini