Motor

Ada Sejak Jaman VOC, Inilah Motor yang Pertama Kali Masuk di Indonesia

...atau lebih tepatnya, Hindia Belanda.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi motor pertama di Indonesia. (pinterest)
Ilustrasi motor pertama di Indonesia. (pinterest)

Mobimoto.com - Sepeda motor memang sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat di Tanah Air. Kendaraan beroda dua ini memang menjadi alat transportasi primadona bagi segala lapisan masyarakat. Namun tidak hanya beberapa tahun belakangan, sepeda motor sudah lama hadir di Indonesia.

Untuk mengetahui hal itu, kita perlu kembali ke jaman di mana nama Indonesia belum eksis. Dirangkum dari berbagai sumber, pada saat itu, negara ini masih disebut Hindia Belanda. Seorang warga kebangsaan Inggris bernama John C. Potter menjadi pemilik pertama sepeda motor di Indonesia Hindia Belanda.

Motor pertama di Indonesia. (pinterest)
Ilustrasi motor pertama di Indonesia. (pinterest)

Motor ini tiba di Tanah Air pada tahun 1893, satu tahun sebelum mobil pertama hadir di sini, sekaligus menjadi kendaraan bermotor pertama di Indonesia. Otomatis Potter yang bekerja sebagai masinis di Pabrik Gula Oemboel Probolinggo, Jawa Timur ini menjadi biker pertama di tanah air. Motor tersebut didatangkan dari Jerman, buatan pabrikan Hildebrand und Wolfmuller.

Selang waktu lama, pada tahun 1960-an barulah nama-nama tenar seperti Vespa, Yamaha, Honda, Suzuki mulai menghiasi jalanan-jalanan di Indonesia dan terus berlangsung hingga masa kini.

Berita Terkait

Berita Terkini