Motor

Seperti di Mobil, Honda Kembangkan Climate Control di Sepeda Motor

Seperti apa dan untuk apa ya, fungsi climate control di sepeda motor.

Dany Garjito | Praba Mustika

Honda CBR500R. (astra-honda.com)
Honda CBR500R. (astra-honda.com)

Mobimoto.com - Di beberapa negara yang mengalami empat musim Amerika dan negara-negara Eropa, sepeda motor dilengkapi dengan grip heater dan seat heater, yang fungsinya untuk menghangatkan tangan dan bokong pemotor. Menindaklanjuti hal tersebut, Honda pun sedang mengembangkan climate control di sepeda motor.

Seperti di dalam mobil, sistem pemanas, sepertinya akan jadi opsi untuk sepeda motor. Melansir dari Bennets, Honda telah mengonfirmasi paten tentang sistem climate control yang tersedia untuk sepeda motor.

Pada dokumen paten tersebut, diketahui kalau beberapa uji coba yang dilakukan Honda cukup sukses. Produsen motor asal Jepang itu menguji coba climate control di sepeda motor Honda Fireblade edisi 2012-2016.

Sistem tersebut pun terbilang cukup sederhana, lho. Jika udara dingin berguna untuk mendinginkan mesin, maka udara panas yang dihasilkan oleh radiator akan bermanfaat untuk menghangatkan pemotor.

Lebih lanjut, jok motor pun akan dibuat dari bahan plastik berpori yang memungkinkan udara untuk lewat. Serta penggunaan pipa yang berfungsi untuk mengalirkan udara dari depan ke jok motor, dan pipa lainnya untuk mengambil udara dingin bertekanan tinggi untuk mendinginkan jok saat biker sedang berkendara di bawah terik matahari.

Seperti di Mobil, Honda Kembangkan Climate Control di Sepeda Motor. (Bennets)
Seperti di Mobil, Honda Kembangkan Climate Control di Sepeda Motor. (Bennets)

Karena namanya climate control, sudah tentu harus bisa memberikan rasa hangat atau rasa sejuk, sesuai dengan kondisi cuaca dan suhu udara.

Jadi penasaran kan, bakal seperti apa sih nantinya, sistem climate controls di sepeda motor Honda.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.