Motor

Tradisi Mahar Honda PCX 150 ala Warga Brebes, Bikin Kantong Jebol

Brebes itu keras gaes.

Galih Priatmojo | Husna Rahmayunita

Mahar Honda PCX 150. (Facebook/Zahra Vania)
Mahar Honda PCX 150. (Facebook/Zahra Vania)

Mobimoto.com - Pemberian mahar atau seserahan sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia dalam acara pernikahan. Uniknya, di Brebes, Jawa Tengah muncul tren pemberian mahar Honda PCX 150.

Akun Facebook Zahra Vania membagikan tren unik tersebut belum lama ini. Tak pelak, beberapa hari setelah diunggah langsung menarik perhatian orang.

Dari video pendek yang dibagikan, terlihat Honda PCX 150 warna merah doff diangkut di atas mobil pick up. Kondisinya mulus seperti baru keluar dari dealer, jok juga masih terbungkus plastik dan belum disertai pelat nomor.

Mahar Honda PCX 150. (Facebook/Zahra Vania)
Mahar Honda PCX 150. (Facebook/Zahra Vania)

Skutik premium tersebut akan diberikan ke mempelai pria yang tidak diketahui identitasnya kepada sang pujaan hati. Tapi sayangnya, tidak diketahui pasti apakah motor itu memang permintaan sang istri atau tidak.

Menariknya, sang mempelai pria tak hanya memberikan Honda PCX 150 tapi juga berbagai perabotan rumah tangga seperti kulkas, kasur, lemari dan sofa. Semuanya diangkut menggunakan tiga mobil pick up.

Mahar perabotan rumah tangga. (Facebook/Zahra Vania)
Mahar perabotan rumah tangga. (Facebook/Zahra Vania)

Konon, pemberian mahar mewah tersebut sudah menjadi tradisi di Brebes. Seperti halnya dengan keterangan yang dituliskan oleh Zahra Vania seperti berikut ini.

"Adat seserahan macam ini sudah jadi adat hal biasa warga Brebes. Brebes itu keras gaes, sekali seserahan ke pengantin wanita (calon istri) barang-barangnya langsung 3 mobil. Lengkap komplit motor Honda PCX dan seisi rumah, rumah saja yang nggak dibawa. Brebes itu Shahdu say kalau seserahan. Aduuuh yang punya anak cowok siap-siap nabung banyak nih. Gadis Brebes itu mahal beib," tulisnya.

Beda daripada yang lain, tradisi mahar mewah di Brebes itu langsung menyedot respons netizen. Banyak dari mereka yang merasa takjub seperti ini.

"Mahal banget asli," komen Ahmed Nugraha.

"Buuuuuuuuseeeet, ngeriii coy," tulis Shiro Efansyah SaNi.

Biar nggak penasaran, ini dia videonya.

 

 

 

Berita Terkait

Berita Terkini