Motor

Belum Banyak yang Tahu, Ini Motor Honda Pertama di Dunia

Motor apa ya?

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Honda Super Cub 125 dilengkapi lampu LED
Honda Super Cub 125 dilengkapi lampu LED

Mobimoto.com - Honda boleh dibilang menjadi raksasa di dunia otomotif. Perusahaan asal Jepang itu terus mengeluarkan produk terbaru dari tahun ke tahun.

Meski begitu, banyak orang yang belum tahu tentang motor bebek pertama yang diluncurkan Honda. Sampai sekarang, kendaraan tersebut dianggap unik dan menjadi buruan para kolektor.

Dikutip dari laman global.honda, motor yang dimaksud adalah Honda Super Cub C100. Kehadirannya dianggap sebagai tonggak revolusi sepeda motor di dunia.

Ide untuk menciptakan motor itu awalnya dicetuskan oleh pendiri Honda, Soichiro Honda. Saat itu, ia melihat para pengantar makanan di restoran Jepang hanya menggunakan satu tangan untuk mengoperasikan sepedanya. Resah dengan kebiasaan tersebut, Soichiro kemudian memilih untuk membuat sepeda motor agar lebih nyaman dikendarai.

Proses perakitan motor itu pun tidak mudah. Sang pencetus sempat menemukan kesulitan saat memilih desain dan membuat ukuran roda sesuai jalanan Jepang.

Untungnya masalah tersebut teratasi, Honda Super Cub C100 resmi diperjual belikan pada 1958. Motor itu mengusung sistem transmisi 3-percepatan dengan mesin OHV 4-tak berpendingin udara.

Honda Super Cub C125 Retro dalam sebuah pameran di Asia Tenggara [Shutterstock].
Honda Super Cub C125 Retro dalam sebuah pameran di Asia Tenggara [Shutterstock].

Pada awal kemunculannya, Honda Super Cub C100 dibanderol dengan harga 55.000 yen. Setelah itu produksinya melebar ke benua Eropa dan menarik perhatian banyak penggemar.

Sampai sekarang nama Honda Super Cub tetap berjaya. Produk barunya bernama Honda Super Cub C125 meluncur pada 2018 lalu dan dibanderol dengan harga 59 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkini