Motor

Segini Harga Suzuki Hayabusa Edisi Terakhir, Minat Beli?

Suzuki India resmi menetapkan harga Hayabusa edisi terakhir tersebut.

Angga Roni Priambodo

Suzuki Hayabusa. (visordown.com)
Suzuki Hayabusa. (visordown.com)

Mobimoto.com - Tersedia dalam jumlah terbatas, Suzuki India resmi menetapkan harga Hayabusa edisi terakhir dengan banderol Rs 13,75 lakh atau setara Rp 272 juta.

Di India, penantang Kawasaki Ninja ZX-14R ini diboyong secara terurai (Completely Knock Down) dan dirakit di pabrik SIMPL di Gurgaon. Sementara pengiriman unit akan dimulai pada 20 Januari 2019.

Urusan dapur pacu, Hayabusa mengandalkan mesin 1.340cc in-line empat silinder menghasilkan tenaga 199.7hp dan torsi 155Nm.

Mengutip laman Bennettes, setelah melalui perjalanan hampir 20 tahun, Suzuki akhirnya mengambil keputusan untuk tidak lagi memproduksi Hayabusa. Langkah ini terpaksa dilakukan setelah pabrikan asal Jepang itu tidak melakukan upgrade ke Euro 4 untuk pasar Eropa.

Padahal berdasarkan Peraturan EU 168/2013 yang berlaku mulai Januari 2016, sepeda motor yang dipasarkan wajib menggunakan standar Euro 4.

Untuk itu, produsen diberikan tenggang waktu selama dua tahun untuk menjual unit sepeda motor tersisa hingga 31 Desember 2018.

Pasca-Desember 2018, transaksi menjual Suzuki Hayabusa di pasar Eropa akan masuk sebagai barang ilegal.

Ilustrasi Suzuki Hayabusa. [Shutterstock]
Ilustrasi Suzuki Hayabusa. [Shutterstock]

Meski berhenti diproduksi, kabarnya Suzuki tengah menyiapkan Hayabusa generasi berikutnya.

Kabarnya, Hayabusa baru akan dibangun dari Suzuki GSX konsep yang pernah dipamerkan dalam ajang otomotif internasional 2015. Ditargetkan, sepeda motor bertenaga besar ini akan datang pada 2021 mendatang.

Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan.

Berita Terkait

Berita Terkini