Motor

Belum Puas dengan 250 Cc, Honda Siapkan Forza Versi 350 Cc

Kira-kira bakal masuk ke pasar Indonesia nggak ya, nih motor?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Gagah Radhitya Widiaseno

Honda Forza 250 (jpnn.com)
Honda Forza 250 (jpnn.com)

Mobimoto.com - Honda Forza 250 menjadi salah satu pilihan buat kalian yang menginginkan motor matik berkapasitas mesin besar. Bersaing dengan Yamaha XMAX, Forza 250 memang layak untuk dilirik.

Tak cuma di Indonesia, di negara-negara maju seperti di Eropa, Forza juga banyak yang meminatinya. Namun jika dibandingkan dengan yang ada di Indonesia, Honda Forza di sana lebih gede kapasitas mesinnya, yakni 300 cc.

Nah, kali ini Honda bersiap untuk menghadirkan Forza dengan versi yang lebih gede lagi kapasitas mesinnya. Seperti dilansir dari greatbiker.com, Honda Forza akan hadir dengan mesin yang lebih baru.

Alasan Honda menghadirkan Forza dengan mesin baru yakni regulasi di Eropa terkait emisi gas buang.

Honda Forza 250 (rideon.es)
Honda Forza 250 (rideon.es)

Jika saat ini kapasitas Forza di Eropa adalah 300cc, nantinya Honda akan menghadirkan versi 350cc. Adanya kenaikan kapasitas itu diperlukan untuk tetap menjaga performa mesin akibat adanya saringan knalpot yang lebih rapat.

Tak hanya itu, Honda juga berencana mengenalkan teknologi Variable Valve Timing and Lift Electronic Control atau VTEC pada motor tersebut. Fitur canggih ini sebelumnya sudah hadir pada mobil rancangan Honda, sejak era 90-an.

Dengan adanya VTEC, takaran bensin yang digunakan akan lebih optimal. Hal itu karena katup bisa dibuka dengan durasi dan ketinggian yang berbeda.

Fitur terakhir yang juga akan dipasang adalah idling stop system. Fitur ini sudah terpasang di beberapa motor baru Honda sekarang. Rencananya, peluncuran Forza 350 akan dilakukan pada akhir 2021.

Berita Terkait

Berita Terkini