Motor

Cara Usir Bau Tidak Enak pada Helm, Nggak Perlu Keluar Rumah

Cara merawat helm motor kalian agar tetap wangi, bsia dicoba di rumah nih

Rima Sekarani Imamun Nissa | Gagah Radhitya Widiaseno

Helm Ariel Noah. (Instagram/@ariel_inst)
Helm Ariel Noah. (Instagram/@ariel_inst)

Mobimoto.com - Pengguna motor wajib hukumnya mengenakan helm. Namun masih banyak pengendara yak tak mematuhinya.

Mereka yang tak pernah pakai helm saat berkendara memiliki alasan bermacam-macam, salah satunya yakni helm bau pas dipakai.

Memang kadang kalau helm tak dirawat, bisa menimbulkan bau tak sedap. Misalkan saja ketika dipakai habis hujan, spon helm biasanya basah dan orang mengabaikan untuk mengeringkannya.

Kadang juga dari pengguna itu sendiri. Helm bau biasa disebabkan karena keringat pengguna saat pemakaian. Lalu bagaimana sih cara agar helm tetap kembali segar tak berbau?

Pengunjung melihat jajaran helm yang dijual oleh pedagang di Jl Matraman, Jakarta, Jumat (31/5). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Ilustrasi helm. [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Caranya cukup mudah kok. Seperti dilansir dari Wahana Honda, hal pertama yang wajib kalian lakukan yakni mencuci bagian furing serta spon dalamnya. Untuk melakukannya, kalian harus melepaskan semua bagian di dalam helm dan kemudian mencucinya.

Untuk busa kerasnya sendiri, kalian dapat mencucinya juga atau langsung menjemur di bawah terik matahari. Namun ingat, jangan semprot wewangian seperti parfum ke dalam helm, karena hal tersebut bisa memunculkan bau tak sedap di kemudian hari.

Lanjut kemudian mencuci bagian luar helm seperti batok helm dan visor. Caranya, mencuci helm dengan sabun khusus untuk mencuci motor agar warna dari helm tidak memudar atau menurun. Setelah itu, kalian dapat mengeringkannya dan kemudian menambahkan pengkilap motor.

Sedangkan untuk visornya sendiri, kalian bisa membersihkan menggunakan pasta gigi apabila visor tersebut tampak kusam.

Kalian bisa menggunakan compound juga jika visor helm tampak baret. Caranya adalah dengan mengoles dan mengusap secara merata compound pada bagian yang memiliki goresan dan kemudian hapus bekasnya menggunakan lap bersih.

Setelah selesai semuanya, satukan lagi bagian helm mulai dari busa, batok hingga visor. Kemudian simpan di tempat yang bersih dan hindari terkena terik sinar matahari langsung yak.

Cukup mudah bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini