Motor

Ini Lima Kesalahan Paling Umum Bagi Pemotor, Wajib Tahu

Sebagian dari kesalahan ini bisa berujung fatal.

Irwan Febri Rialdi | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi. (pexels.com/Peter Heeling)
Ilustrasi. (pexels.com/Peter Heeling)

Mobimoto.com - Setiap pengendara motor tentu pernah melakukan kesalahan saat berkendara, setidaknya satu hingga dua kali.

Hal ini tergolong lumrah, bahkan bagi mereka yang sudah terlatih atau bahkan mempunyai sertifikat bakat khusus, seperti safety riders misalnya.

Akibat dari kesalahan ini ada yang bisa menimbulkan kerugian material, ada juga yang mengancam nyawa.

Dilansir dari Visordown, berikut lima kesalahan paling umum yang kerap dilakukan oleh para pemotor.

Ilustrasi motor menabrak [Shutterstock].
Ilustrasi motor menabrak [Shutterstock].

1. Ceroboh saat parkir

Pastikan Anda meninggalkan kuda besi kesayangan di tempat yang mudah diawasi. Selain itu pastikan juga menggunakan piranti pengaman, seperti gembok cakram atau minimal kunci stang, agar motor tak raib digondol maling.

2. Terpancing ikut ngebut

Bikers dari kalangan remaja hingga dewasa muda terkadang masih kerap berkendara dalam semangat berapi-api. Tak jarang dari mereka yang terpancing ingin ngebut cuma karena ada orang lain yang melakukan hal yang sama.

Hal ini berbahaya karena setiap orang mempunyai ritme berkendara yang berbeda, apalagi saat melakukan cornering alias menikung-rebah.

3. Ngerem mendadak

Tak perlu panjang lebar, mengerem mendadak bisa membuat pengendara di belakang Anda kelabakan dan bisa saja memicu kecelakaan.

4. Mengira semua orang sadar kehadiran Anda

Jangan salah, beberapa kasus kecelakaan disebabkan oleh kehadiran kendaraan yang tak terdeteksi, sehingga pengendara lain salah antisipasi. Misalnya saat Anda hendak mendahului kendaraan lain.

5. Motoran saat sedih atau marah

Berkendara saat emosi sedang tak stabil bisa memicu pengambilan keputusan yang buruk. Nggak jarang kan ada orang yang ngebut cuma karena sedang marah sama kekasihnya?

Itulah lima kesalahan pemotor yang wajib dihindari. Sering melakukan yang mana nih, Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini