Motor

Kembangkan Motor Double Engine, Yamaha Siap Bikin Motor Hybrid?

Motor ini mengusung dua jenis mesin, konvensional dan elektrik.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Paten motor hybrid Yamaha. (visordown.com)
Paten motor hybrid Yamaha. (visordown.com)

Mobimoto.com - Yamaha saat ini kabarnya tengah mengembangkan sebuah prototipe motor yang mengusung mesin hybrid. Kabar tersebut mencuat usai beredarnya gambar paten yang menunjukan rancangan awal dari motor tersebut.

Dilansir dari Visordown (5/11/2020), motor ini diplot sebagai jembatan antara motor bertenaga bahan bakar minyak dan juga motor elektrik.

Ide mengenai pembuatan motor hybrid sebenarnya beredar sejak lama, namun pembuatan motor ini terhitung sulit. Pabrikan harus menggabungkan dua jenis mesin, elektrik dan konvensional.

Hal ini tentu membuat bobot motor menjadi berat. Selain itu faktor mahalnya komponen juga menghambat berkembangnya motor jenis ini.

Kembali ke paten tersebut, terlihat bahwa mesin konvensional ini berfungsi untuk memperpanjang jarak tempuh dari mesin elektrik.

 Motor Hybrid Yamaha. (visordown.com)
Motor Hybrid Yamaha. (visordown.com)

Mesin konvensional tak terhubung secara langsung, melainkan ia menggerakkan ban di mana putaran tersebut akan menghasilkan energi yang disulap menjadi asupan tenaga ke baterai.

Keunggulan sistem ini adalah minimnya emisi yang bisa dikeluarkan oleh motor karena mesin kovensional hanya diatur untuk melakukan putaran di rentang tertentu.

Belum ada spesifikasi rinci atau detail performa mmengenai motor tersebut. Masih terlalu jauh untuk menyimpulkan dari bocoran paten yang beredar.

Berita Terkait

Berita Terkini