Motor

Filipina Siap Bikin Kelas Premium Berfitur Canggih, Mengaspal 2022

Kehadiran motor ini bakal membuat tetangga Filipina iri, kok bisa?

Cesar Uji Tawakal

Lycan motor Filipina. (rideapart.com)
Lycan motor Filipina. (rideapart.com)

Mobimoto.com - Tenaga kerja murah Filipina telah membuat negara kepulauan itu menjadi target pabrikan sepeda motor yang ingin membangun pabrik baru, termasuk KTM, Kawasaki, dan bahkan CFMoto.

Keberadaan pabrik-pabrik tersebut rupanya telah memicu kebangkitan industri otomotif dalam negeri berbahasa tagalog tersebut.

Diberitakan Rideapart, negara tetangga Indonesia ini tengah bersiap memasarkan sepeda motor bermerk Lycan.

Di Asia Tenggara sendiri, ada sejumlah produsen motor lokal, namun semuanya berfokus pada segmen berbiaya rendah. Hal ini berbeda dengan langkah yang diambil oleh Lycan.

Startup Filipina ini berencana memproduksi sepeda motor berukuran penuh dengan teknologi canggih pada awal tahun 2022.

Sebagai referensi, di Filipina, sepeda gemuk mengacu pada kendaraan roda dua kelas atas, biasanya dengan kapasitas lebih besar dari 00cc.

Hal ini disebabkan oleh peraturan bahwa hanya sepeda dengan mesin 00 cc atau lebih yang boleh menggunakan jalan raya.

Lycan tidak hanya ingin memberikan akses jalan bebas hambatan kepada pelanggannya. Pembuat sepeda motor baru juga ingin meningkatkan pengalaman penggunanya dengan menyediakan interaksi yang sangat personal dengan pengguna individu.

Untuk melakukan ini, Lycan mengintegrasikan berbagai sistem kecerdasan buatan ke dalam sepeda untuk melacak beberapa titik data yang terkait dengan kesehatan sepeda secara keseluruhan, gaya mengemudi pemilik, serta kemampuan untuk mempelajari fungsi-fungsi baru.

Produsen motor asal Filipina, Lycan. (rideapart.com)
Produsen motor asal Filipina, Lycan. (rideapart.com)

Meskipun perusahaan belum merinci secara spesifik, tentu akan menarik untuk melihat sejauh mana kemajuan AI dalam model-model mendatang ini.

Setelah di pasar, Lycan akan mengambil pendekatan dipesan lebih dahulu, di mana pembeli yang tertarik dapat memasukkan konfigurasi mereka secara online dan merancang sepeda impian mereka berdasarkan dua model yang tersedia.

Akan ada dua pilihan model, G6 dan Challenger 1. G6 memiliki bentuk cruiser yang sporty dan modern, sedangkan Challenger 1 terlihat seperti sportbike futuristik dengan sedikit gaya cafe racer.

Dengan menggunakan profil, calon pembeli akan dapat menyesuaikan sepeda motor mereka sesuai dengan keinginan mereka, serta menambahkan aksesori dan suku cadang dan cat khusus.

Setelah desain difinalisasi dan disetujui, sepeda akan dirakit sepenuhnya di rumah. Konfigurasi motor yang tepat dari sepeda Lycan belum diselesaikan, tetapi dipastikan bahwa perusahaan belum akan menggunakan powertrain listrik, karena belum menjangkau publik di Filipina.

Jadi kita dapat mengharapkan untuk melihat ukuran mesin mulai dari sekitar 00cc hingga 650cc, untuk menyediakan aksesibilitas jalan raya di segmen premium.

Selain meluncurkan sepeda motor, Lycan juga sedang mengembangkan helm pintar yang dapat diintegrasikan ke dalam sistem kecerdasan buatan sepeda.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.