Motor

Bajaj Bikin Pabrik Baru, Siap Meracik Motor Husqvarna dan Triumph Anyar?

Pabrik ini bakal difokuskan untuk sederet lini motor baru, termasuk dari merek Husqvarna dan Triumph.

Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi motor Bajaj. (indianasutosblog.com)
Ilustrasi motor Bajaj. (indianasutosblog.com)

Mobimoto.com - Pabrikan sepeda motor asal India, Bajaj, resmi mendirikan pabrik baru yang nantinya akan digunakan untuk memproduksi kendaraan roda dua berbagai merek, antara lain Husqvarna dan Triumph.

Menurut laporan Visordown, langkah ini penting untuk memudahkan pekerjaan Bajaj sebagai pemegang saham utama Pierer Mobility (induk perusahaan KTM, Husqvarna dan GASGAS), yang memiliki hubungan dekat, erat dengan Kawasaki, dan telah bekerja sama dengan Triumph untuk mengembangkan berbagai sepeda motor baru.

Pabrik ini didirikan dalam kemitraan dengan pemerintah Mahastra, untuk membangun fasilitas produksi keempat Bajaj di Pune, India.

Mengenai kemitraan dengan Triumph-Bajaj, keduanya telah sepakat untuk memulai proyek motor kecil 250-700cc, yang sangat diminati di India.

Husqvvarna Svartpilen 125. (visordown.com)
Husqvvarna Svartpilen 125. (visordown.com)

India Today melaporkan bahwa Pierer juga diuntungkan dengan adanya pabrik ini, karena akan menjadi tempat produksi motor KTM 500cc.

Belum habis, pabrik baru ini juga akan menjadi lokasi produksi motor elektrik dari Bajaj dan kawan-kawan, termasuk motor skuter Chetak dari Bajaj dan Vektorr dari Husqvarna.

Saat ini motor-motor Husqvarna dibuat di Austria bersama dengan KTM, namun pengembangan Vektorr akan difokuskan di Asia.

Berita Terkait

Berita Terkini