Motor

Tips Beli Motor Matik Bekas, Apa Saja yang Harus Diperiksa?

Banyak diminati, begini tips beli motor matik bekas biar nggak salah pilih. Apa saja yang harus dicek?

Cesar Uji Tawakal

Yamaha Mio Z. (Yamaha)
Yamaha Mio Z. (Yamaha)

Mobimoto.com - Motor matik bekas menjadi pilihan populer bagi banyak orang karena kemudahan penggunaannya dan kenyamanan saat berkendara. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli motor matik bekas, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dan diperiksa agar Anda mendapatkan motor yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membeli motor matik bekas dan hal-hal yang harus diperiksa sebelum Anda melakukan pembelian.

1. Riwayat Pemakaian dan Kondisi Motor

Periksa riwayat pemakaian motor matik bekas yang akan Anda beli. Tanyakan kepada pemilik sebelumnya mengenai sejarah pemakaian motor, seperti jumlah kilometer yang telah ditempuh, frekuensi perawatan, dan apakah motor pernah mengalami kecelakaan atau kerusakan serius. Selain itu, perhatikan kondisi fisik motor secara keseluruhan, termasuk cat, bodi, dan bagian lainnya, untuk melihat apakah ada tanda-tanda perbaikan atau pengecatan yang mencurigakan.

2. Kondisi Mesin

Pastikan mesin motor dalam kondisi baik dan berfungsi dengan lancar. Periksa suara mesin saat motor dinyalakan dan saat mesin berjalan. Jika ada suara aneh atau mesin terdengar berisik, hal tersebut bisa menjadi pertanda adanya masalah pada mesin. Selain itu, periksa juga apakah ada tanda-tanda kebocoran oli atau cairan lainnya yang mungkin menandakan adanya masalah pada sistem mesin.

3. Dokumen dan Legalitas

Sebelum membeli motor matik bekas, pastikan semua dokumen kendaraan dalam kondisi lengkap dan sah. Periksa BPKB, STNK, dan faktur pembelian motor. Pastikan nama pemilik di dokumen-dokumen tersebut sesuai dengan nama penjual. Jangan lupa untuk juga memeriksa masa berlaku pajak kendaraan dan apakah motor memiliki asuransi yang masih berlaku.

4. Pemeriksaan Fisik

Lakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh pada motor matik bekas. Periksa kondisi rem, lampu, klakson, indikator, dan sistem elektrikal lainnya. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Selain itu, perhatikan juga kondisi ban, suspensi, dan kaki-kaki lainnya untuk memastikan tidak ada masalah yang memerlukan perbaikan.

5. Uji Coba Berkendara (Test Ride)

Lakukan uji coba berkendara (test ride) sebelum membeli motor matik bekas. Hal ini penting untuk menguji kinerja motor saat digunakan. Perhatikan akselerasi, kestabilan, dan kenyamanan saat berkendara. Jika Anda tidak familiar dengan pengendaraan motor matik, mintalah bantuan dari seseorang yang berpengalaman agar dapat memberikan pandangan objektif tentang performa motor.

6. Periksa Nomor Rangka dan Mesin

Pastikan nomor rangka dan nomor mesin pada motor sesuai dengan yang tertera di dokumen kendaraan. Perbedaan nomor rangka dan mesin dapat menjadi tanda motor tersebut pernah mengalami pergantian komponen yang tidak resmi atau bahkan merupakan motor curian.

7. Cek Harga Pasar

Lakukan riset harga pasar untuk model motor matik bekas yang ingin Anda beli. Periksa harga motor serupa dengan tahun produksi dan kondisi yang sebanding. Ini akan membantu Anda untuk mengetahui apakah harga yang ditawarkan masuk akal atau tidak.

8. Mintalah Pendapat Ahli

Jika Anda merasa kurang yakin atau tidak berpengalaman dalam memeriksa motor matik bekas, mintalah bantuan dari seorang mekanik atau teman yang berpengetahuan tentang kendaraan bermotor. Mereka dapat membantu Anda dalam melakukan pemeriksaan lebih mendalam dan memberikan saran yang berharga.

Dengan memperhatikan tips di atas dan melakukan pemeriksaan dengan cermat, Anda akan dapat memilih motor matik bekas yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan terburu-buru dalam memutuskan, lakukanlah proses pemeriksaan dengan teliti sehingga Anda dapat memiliki kendaraan yang aman dan nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Selamat mencari motor matik bekas yang ideal dan semoga Anda menemukan yang sesuai dengan harapan Anda!

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.