Motor

Sandal Jepit dan Motor: Risiko Tersembunyi di Balik Kenyamanan

Bahaya Tersembunyi Sandal Jepit Saat Naik Motor: Lindungi Kakimu dengan Sepatu! Hindari risiko luka bakar, luka gores, dan cedera serius saat berkendara motor dengan sandal jepit. Pilih sepatu yang aman dan sesuai untuk melindungi kakimu.

Gagah Radhitya Widiaseno

Sandal Jepit. (Pexels)
Sandal Jepit. (Pexels)

Mobimoto.com - Sandal jepit, sahabat kaki di kala santai, sering kali menjadi pilihan saat berkendara motor karena praktis dan nyaman. Tapi tahukah kamu, di balik kenyamanannya, sandal jepit menyimpan bahaya tersembunyi bagi pengendara motor?

Berikut bahaya penggunaan sandal jepit dilansir dari Wahana Honda.

1. Kaki Bersentuhan dengan Knalpot Panas

Bayangkan kaki telanjangmu menyentuh knalpot panas. Aroma daging panggang tercium, bukan? Sensasi panas dan perih akibat luka bakar bisa menjadi pengalaman traumatis.

2. Luka Gores dan Cedera Mengintai

Kerikil beterbangan, ranting nakal, dan aspal kasar siap menyambut kaki yang terbungkus sandal jepit. Luka gores dan cedera tak terelakkan, bahkan berisiko terkena infeksi.

3. Risiko Cedera Lebih Besar Saat Terjatuh

Tanpa perlindungan sepatu, kaki lebih rentan mengalami luka serius saat terjatuh dari motor. Tulang kaki bisa patah, jari kaki terkilir, dan luka memar yang parah.

Ilustrasi Sepatu Riding/we-ridewell.com
Ilustrasi Sepatu Riding/we-ridewell.com

Sepatu: Pilihan Tepat untuk Kaki yang Aman

Demi keselamatan dan keamanan kaki, pilihlah sepatu sebagai alas kaki saat naik motor. Pastikan sepatu memenuhi kriteria berikut:

  • Menutupi mata kaki untuk melindungi jari, tumit, dan pergelangan kaki.
  • Terbuat dari bahan kuat, tahan air, dan nyaman.
  • Memiliki sol anti licin dan tahan panas.
  • Kaki adalah aset berharga. Lindungi kakimu dengan sepatu saat naik motor.

Ingat, sandal jepit boleh jadi nyaman, tapi risikonya tak sebanding dengan keselamatan kakimu. Gunakan sepatu untuk pengalaman berkendara yang aman dan nyaman.

Berita Terkait

Berita Terkini

Motor

Knalpot Racing, Benarkah Bikin Boros Bensin?

Ingin tahu fakta di balik mitos knalpot racing bikin boros bensin? Temukan penjelasan lengkapnya di sini, termasuk faktor yang memengaruhi konsumsi BBM dan hasil penelitiannya.