Motor

Lampu Motor Padam? Jangan Panik! Ketahui Musuh Tersembunyi di Masalah Ini

Lampu motor mati saat malam hari bikin panik? ada tips jitu untuk menjaga lampu motor tetap terang. Dijamin perjalanan malam kamu aman dan nyaman!

Gagah Radhitya Widiaseno

Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)
Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)

Mobimoto.com - Bagi para biker, melintasi jalanan malam hari ditemani lampu motor yang terang adalah sebuah kenikmatan. Tapi bagaimana jadinya jika tiba-tiba sang penerang setia ini padam? Panik? Pasti!

Eits, daripada bingung sendiri, yuk kenali para "penjahat" yang suka membuat lampu motor Anda mati mendadak.

1. Relay

Relay, ibaratnya saklar listrik, bertugas mengalirkan aliran listrik dari sumbernya menuju lampu motor. Nah, kalau lampu Anda tiba-tiba mogok, relay yang nakal bisa jadi biang keroknya. Biasanya, kotoran dan karat bisa mengganggu fungsinya. Solusinya? Coba bersihkan relay tersebut.

2. Soket Lampu

Soket lampu yang longgar atau copot juga bisa bikin lampu mati, lho! Bayangkan seperti colokan listrik yang kurang kencang, demikian juga dengan soket lampu. Bahan plastiknya yang mudah longgar bisa membuat aliran listrik terputus. Solusinya? Pastikan soket terpasang kuat dan tepat di tempatnya.

3. Aki Soak

Aki adalah jantung kelistrikan motor. Jika aki Anda sudah mulai "soak" alias lemah, maka fungsi lampu pun bisa terganggu. Solusinya? Rajin-rajinlah merawat aki agar selalu prima. Namun, jika aki sudah tak bisa diselamatkan, segera ganti dengan yang baru.

4. Kabel Motor

Bagi pecinta modifikasi motor, hati-hati dengan urusan kabel! Proses bongkar pasang bisa saja membuat kabel menjadi tidak terpasang dengan baik, bahkan putus. Solusinya? Teliti kembali semua jalur kabel motor Anda, pastikan semuanya terpasang dengan benar dan tidak ada yang terputus.

5. Bohlam Lampu

Meski jarang terjadi, bohlam lampu juga bisa bermasalah. Seiring pemakaian, bohlam bisa putus atau fungsinya menurun. Solusinya? Periksa kondisi bohlam dan pastikan Anda menggunakan bohlam dengan tegangan sesuai spesifikasi motor Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini