Tips

Sering Lewat Jalan Berliku? Berikut 4 Tips Elok Saat Berbelok

Teknik berbelok saat melibas tikungan memang penting saat berkendara.

Dany Garjito | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. (topspeed.com)
Ilustrasi melibas tikungan dengan kecepatan tinggi. (topspeed.com)

Mobimoto.com - Anda sering naik motor mengikuti 'track days' atau balapan di sirkuit? Atau jalan yang sering anda lalui banyak memiliki tikungan?

Menikung (dalam arti sebenarnya) atau berbelok saat di tikungan adalah salah satu hal yang paling sulit dalam berkendara menggunakan sepeda motor.

Selain itu, banyak kecelakaan terjadi karena salah perhitungan saat berbelok di tikungan.

Untuk itu, sebelum memasuki tikungan terutama dalam kecepatan tinggi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut diantaranya!

1. Kenali gaya berkendara Anda 

KTM 950 Supermoto. (totalmotorcycle.com)
Ilustrasi berbelok. (totalmotorcycle.com)

 

Saat 'melahap' tikungan, pastikan Anda memiliki feeling 'menyatu' dengan kendaraan Anda, pasalnya banyak pengendara yang belum terbiasa dengan tunggangannya, salah dalam memprediksi waktu kapan harus memutar gas, kapan harus melepaskannya, bagaimana menempatkan badan ketika miring, dan lain-lain.

2. Jangan terlalu miring

Dani Pedrosa di MotoGP
Pembalap MotoGP saat melahap tikungan.

 

Terlalu miring saat memasuki tikungan, sangat berbahaya, karena semakin miring maka semakin besar tekanan yang diperoleh oleh tepi ban.

Jika daya cengkeram ban jelek maka ada kemungkinan besar, motor akan kehilangan cengkramannya ke aspal, lalu hilang keseimbangan dan jatuh.

3. Jangan mengerem saat di tikungan

Ilustrasi Rem Motor/pixabay.com
Ilustrasi Rem Motor/pixabay.com

 

Seperti uraian sebelumnya, mengerem saat di tikungan akan memberbesar tekanan tepi ban, mengakibatkan hilang traksi lalu terjatuh.

4. Pastikan memutar gas saat hendak keluar tikungan

Balapan MotoGP 2018 di Red Bull Ring. (ultimatemotorcycling.com)
Jorge Lorenzo dan Marc Marquez saat keluar tikungan. (ultimatemotorcycling.com)

 

Sangat berbahaya untuk menambah kecepatan saat di tikungan. Sebelum memasuki tikungan hendaknya melepaskan gas, meninggalkan mesin dengan putaran tinggi, lalu baru tancap gas saat hendak keluar tikungan.

Hal ini penting karena menambah kecepatan saat tikungan akan membuat posisi kendaraan melebar dari yang seharusnya, bisa jadi sampai ke lajur lawan arah.

Dengan tips di atas diharapkan dapat membantu dalam mengurangi resiko saat melahap tikungan. Dan jangan lupa untuk selalu mematuhi peraturan berlalu lintas.

Berita Terkait

Berita Terkini