Tips

Ini Dia Waktu Ideal Ganti V-Belt Sepeda Motor Matic

Pengendara motor matic, ini dia waktu ideal ganti v-belt.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

V-belt sepeda motor matic. (snicespa.com)
V-belt sepeda motor matic. (snicespa.com)

Mobimoto.com - Kalau sepeda motor bebek punya rantai, sepeda motor matic punya v-belt. Baik rantai maupun v-belt memiliki fungsi yang sama yaitu menghubungkan mesin dan roda belakang.

Meski begitu, kedua komponen itu memiliki masa ganti yang berbeda. Pemilik sepeda motor bebek bisa dengan mudah mengindentifikasi kapan rantai sepeda motor butuh perawatan atau harus diganti. Pemberian oli biasanya dilakukan saat rantai kendur atau kering.

Tapi kapan pemilik sepeda motor matic harus ganti v-belt?

Komponen v-belt mirip dengan karet besar dan berada di balik blok CVT yang di samping kiri bawah sepeda motor. Jadi pemilik sepeda motor matic lebih sulit untuk mengetahui kapan v-belt harus diganti.

Pantas jika banyak orang menggunakan jasa bengkel untuk mengecek kondisi v-belt. Sepeda motor yang v-belt nya rusak biasanya memiliki getaran lebih jadi kurang nyaman dikendarai. Sedangkan V-belt yang sudah tidak layak pakai memiliki bentuk retak. 

V-belt sepeda motor matic. (modcycles.com)
V-belt sepeda motor matic. (modcycles.com)

 

Waktu ideal untuk mengganti v-belt tergantung dengan cara berkendara setiap orang. Selain itu juga ditentukan dengan jarak tempuh kendaraan setiap harinya.

Dalam buku panduan sepeda motor disebutkan waktu yang tepat mengganti v-belt yaitu setiap jarak tempuh 24.000 -25.000 km. Tapi hal tersebut kembali lagi dengan gaya berkendara pemiliki sepeda motor matic.

Alangkah lebih pengendara sepeda motor matic rajin mengecek kondisi v-belt saat service berkala agar tetap aman dan nyaman saat berkendara.

Berita Terkait

Berita Terkini