Tips

Pakai Deffogger Terlalu Sering saat Musim Hujan Bisa Bikin Berabe

Ini bahaya penggunaan deffogger saat musim hujan.

Dany Garjito | Husna Rahmayunita

Fitur deffogger mobil. (topgearphillipines.com)
Fitur deffogger mobil. (topgearphillipines.com)

Mobimoto.com - Memasuki akhir tahun, hujan bisa dipastikan turun membasahi tanah Indonesia. Saat musim berganti, persiapan pun harus dilakukan. Deffogger menjadi fitur yang perlu diperhatikan bagi pengendara mobil.

Apa itu deffogger?

Deffogger merupakan fitur anti kabut yang dipasangkan di mobil. Fitur ini terletak di bagian kaca belakang mobil-mobil modern yang dipasarkan ke negara tropis.

Orang awam biasanya kurang memperhatikan fitur mobil ini. Deffogger memiliki bentuk seperti garis-garis tipis melintang horizontal yang tampak di kaca belakang mobil.

Garis-garis tersebut sebenarnya merupakan kawat tipis yang berfungsi untuk mengatur suhu udara di dalam kabin dan di luar.

Selain itu, deffogger hadir sebagai solusi menjaga suhu kaca agar tetap normal akibat embun yang dihasilkan saat musim hujan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, tinggal tekan tombol deffogger yang ada di bagian depan navigasi mobil.

Fitur deffogger. (yourmechanic.com)
Fitur deffogger. (yourmechanic.com)

 

Meski sangat berfungsi membantu pemilik mobil untuk menjaga suhu mobil saat musim hujan, deffogger tidak disarankan digunakan terlalu sering loh.

Penggunaan deffogger yang terus menerus bisa bikin berabe. Kaca mobil kesayangan bisa retak karena perubahan suhu yang ditimbulkan garis-garis kawat.

Tak cukup sampai di situ, deffogger bisa menyebabkan aki tekor. Sebab fitur tersebut ternyata menggunakan arus listrik yang cukup besar.

Karena memanfaatkan tenaga listrik otomatis berhubungan dengan penggunaan aki. Semakin sering digunakan membuat aki mobil lemah.

Jadi biar nggak berabe, gunakan deffogger dengan bijak ya Sob?

Berita Terkait

Berita Terkini