Tips

Ridwan Kamil Ingin Pasang Pembatas Jalan Modern, Seperti Apa?

Pembatas jalan ini diklaim mampu kurangi jumlah korban kecelakaan.

Rauhanda Riyantama | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi rolling barrier. (interestingengineering.com)
Ilustrasi rolling barrier. (interestingengineering.com)

Mobimoto.com - Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat merencanakan penggunaan pembatas jalan tipe baru di sejumlah ruas jalan di Jawa Barat. Tujuan dari hal ini adalah dengan pemasangan pembatass jalan ini, diharapkan angka korban kecelakaan di Jawa Barat menurun. Namun, seperti apakah pembatas jalan modern ini?

Dikutip dari 'Interesting Ingineering' (12/9), pembatas jalan ini memiliki nama 'Rolling Barrier' atau 'Safety Roller' untuk sebutan lainnya. Teknologi ini pertamakali dikembangkan di Korea Selatan oleh perusahaan bernama 'Evolution in Traffic Innovation (ETI). Teknologi ini diklaim mampu mengurangi jumlah korban kecelakaan. Bagaimana cara kerjanya?

Pembatas jalan ini memiliki bentuk seperti pagar yang mengapit tong atau silinder yang bisa berputar di dalamnya. Silinder ini memiliki warna kuning dan mudah dilihat di malam hari.

Ilustrasi rolling barrier. (interestingengineering.com)
Ilustrasi rolling barrier. (interestingengineering.com)

 

Prinsip kerjanya adalah ketika terjadi kendaraan menabrak pembatas jalan ini, maka energi kinetik yang diterima oleh pembatas jalan ini dialirkan melalui putaran silinder/tong tersebut. Hal ini mengakibatkan gaya yang diterima baik kendaraan atau mobil berkurang, mengurangi kerusakan yang terjadi. Dibandingkan dengan pembatas jalan biasa, 'roling barrier' ini lebih aman karena dapat mengurangi dampak kerusakan.

'Rolling Barrier' ini terbuat dari Ethylene-Vinyl Acetate (EVA), yang mana memiliki kemampuan untuk menyerap daya kejut. Bahan ini memiliki karakter seperti karet namun lebih ringan dan elastis. Perawatannya cukup mudah, ketika silinder-silinder tadi mulai macet dan tidak bisa berputar, cuma perlu diberi pelumas atau jika sudah aus, tinggal diganti silindernya saja.

Seberapa aman teknologi ini? Simak video berikut.

Berita Terkait

Berita Terkini