Tips

Jangan Sembarangan Bore Up mesin Motor, Ini Akibatnya

Meningkatkan performa motor tak boleh asal-asalan.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi mesin motor. (motorcyclenews.com)
Ilustrasi mesin motor. (motorcyclenews.com)

Mobimoto.com - Dalam rangka menaikkan performa motor, banyak usaha yang bisa ditempuh oleh si pemilik kendaraan. Modifikasi yang sederhana dan aman biasanya meliputi pemasangan komponen-komponen balap. Misal CDI/ECU racing, pemasangan busi dan knalpot balap, mengatur rasio gear dan lain-lain.

Namun jika dipandang kurang 'nampol', tak jarang orang yang membawa motornya ke bengkel balap untuk menambah kapasitas mesin, meningkatkan kompresi dan lain -lain. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan sembarangan dan harus dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Karena jika salah perhitungan, maka hal ini yang akan terjadi. Simak videonya.

Video ini memperlihatkan sebuah motor drag race yang dijajal di jalan raya. Banyak hal yang salah dari video ini, mulai dari minimnya piranti keselamatan bagi si pengendara, motor yang tidak memenuhi standar layak jalan, hingga lokasi uji coba di jalan raya.

Namun tak hanya itu, di akhir video tampak bahwa motor tersebut mesinnya 'meleduk' alias rusak. Disinyalir karena komponen yang digunakan dalam mesin tidak memiliki ketahanan yang cukup. Kompresi mesin terlalu besar pada mesin motor 'biasa' tentu saja akan membuat mesinnya rusak total.

Berita Terkait

Berita Terkini