Tips

5 Masalah Mobil Matic yang Bikin Panik dan Patut Diwaspadai

Masalah mobil matic mudah dideteksi.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Ilutrasi tuas transmisi mobil matic. (pixabay)
Ilutrasi tuas transmisi mobil matic. (pixabay)

Mobimoto.com - Mobil dengan transmisi otomatis (matic) lebih diminati masyarakat zaman now ketimbang yang bertransmisi manual. Namun begitu, ada beberapa masalah mobil matic yang membuat orang panik dan berujung berabe.

Masalah-masalah tersebut tentunya mengganggu kinerja dan membuat pengendara tidak nyaman. Untuk itu, kalian harus menghindari kendala tersebut.

Nah, kira-kira apa saja masalah mobil matic yang membuat panik? Dikutip dari berbagai sumber, inilah 5 masalah mobil matic yang wajib dikenali baik-baik.

1. Boros bahan bakar

Mengusung sistem otomatis membuat mobil matic boros bensin. Apalagi kalau ada masalah torsi yang membuat tenaganya tidak maksimal.

2. Hentakan saat pindah gigi

Ilutrasi tuas transmisi mobil matic. (pixabay)
Ilutrasi tuas transmisi mobil matic. (pixabay)

 

Pengendara bisa merasakan hal ini dengan mudah. Saat perpindahan gigi dirasa terlalu kasar, pengendara harus segera membawa mobil matic kesayangan ke bengkel.

3. Tuas transmisi eror

Tuas transmisi mobil matic ternyata juga sering eror, khususnya di posisi gigi tertinggi. Jika mobil kalian mengalami hal seperti ini, segeralah cek fitur signal engine di panel instrumen.

4. Susah mundur

Ilutrasi mobil matic. (pixabay)
Ilutrasi mobil matic. (pixabay)

Hal ini cukup merepotkan bagi pengendara mobil matic. Susah untuk bergerak mundur biasanya disebabkan oleh kerusakan sistem mekanik transmisi otomatis, jadi perlu mendapat penangganan.

5. Getaran aneh

Masalah sistem transmisi membuat mobil matic bergetar. Tapi sayangnya, getaran tak wajar membuat gesekan pada kopling sehingga harus segera diperbaiki.

Berita Terkait

Berita Terkini