Tips

Riding di Musim Hujan? Ini Tips Aman Mengendarai Motor di Jalanan Licin

Takut riding di musim hujan karena jalanan licin? Nggak lagi kalau ikuti tips ini.

Dany Garjito | Praba Mustika

Ilustrasi Jalanan Licin. (Pexels)
Ilustrasi Jalanan Licin. (Pexels)

Mobimoto.com - Bagi pemotor alias biker, musim hujan terkadang jadi alasan untuk tidak bepergian dengan kuda besi kesayangan. Tak cuma malas mencuci motor, tapi juga karena jalanan licin sering menghantui pemotor. Biar nggak takut lagi, Mobimoto.com mau kasih tips aman mengendarai motor di jalanan licin.

Berkendara di jalanan licin memang susah-susah gampang, Sob. Melansir dari Suzuki Indonesia, ada 7 tips aman mengendarai motor di jalanan licin, loh. Yuk, kita cari tahu!

1. Jaga Jarak Aman

Ilustrasi Mengendarai Motor. (Pexels)
Ilustrasi Mengendarai Motor. (Pexels)

Saat mengendarai motor di jalanan licin, jaga jarak aman dengan motor atau mobil di depan kamu, Sob. Karena di atas jalanan yang licin, daya cengkeram ban berkurang, lho. Sehingga butuh waktu lebih banyak saat melakukan pengereman.

2. Pastikan Seluruh Lampu Menyala

Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)
Ilustrasi Lampu Motor. (pexels)

Pastikan kalau semua lampu di motor kamu menyala dan berfungsi sebagaimana mestinya ya, Sob. Supaya motor dan kamu sebagai biker tetap terlihat oleh pemotor atau pemobil lain. Apalagi saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi, di mana jarak pengelihatan jadi berkurang.

3. Berhati-hati Saat Menyalip

Nah, kamu juga harus memperhatikan timing saat akan mendahului atau menyalip kendaraan di depan kamu. Pastikan kondisi aman untuk menyusul, kalau perlu beri isyarat dengan lampu jauh dan juga klakson.

4. Menikunglah dengan Santai

Ilustrasi Kawasaki Ninja H2 2019. (asphaltandrubber.com)
Ilustrasi Kawasaki Ninja H2 2019. (asphaltandrubber.com)

Kalau jalanan licin, jangan gegayaan nikung ala pembalap MotoGP deh, Sob. Beloklah dengan hati-hati, jangan terlalu patah dan jangan berbelok di kecepatan tinggi.

Ingat poin pertama kan? Karena di jalanan licin daya cengkeram ban ke aspal berkurang, kamu berpotensi mengalami selip, yang mengakibatkan terjatuh.

5. Jangan Ngebut

Tidak Usah Ngebut. (pexels)
Tidak Usah Ngebut. (pexels)

Disaat kondisi jalan kering saja tidak dianjurkan untuk kebut-kebutan, apalagi disaat hujan dan jalanan licin, Sob.

Saat hujan, beberapa ruas jalan biasanya terdapat genangan, kerikil atau pasir. Berkendaralah dengan kecepatan 30 hingga 40 kilometer per jam.

6. Waspada Jalan Berlubang

Tips berkendara di jalan rusak. (skycrapercity.com)
Tips berkendara di jalan rusak. (skycrapercity.com)

Masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya nih. Kalau kamu berkendara dengan kecepatan tinggi, lalu tiba-tiba ada lubang di jalan, kamu akan lebih sulit untuk menghindar, apalagi di kondisi jalanan licin.

7. Gunakan Helm dengan Visor Terang

Helm canggih, Jarvish. (motorcyclenews.com)
Helm canggih, Jarvish. (motorcyclenews.com)

Saat curah hujan sedang tinggi, helm dengan kaca helm atau visor yang gelap, akan menyulitkan kamu melihat kondisi jalanan. Menggunakan helm dengan visor yang terang, akan sangat membantu, Sob.

Nah, jangan lupa dicatat tuh, 7 tips aman mengendarai motor di jalanan licin seperti di atas. Biar kamu tetep bisa riding bareng temen-temen.

Berita Terkait

Berita Terkini