Tips

Begini Cara Polisi di Mumbai Bikin Jera Pengendara Yang Suka Nglakson

Cara ngerjain pengendara yang suka berisik nglakson melulu ini boleh juga ditiru di Indonesia.

Angga Roni Priambodo

Ilustrasi Klakson Mobil. (pexels.com)
Ilustrasi Klakson Mobil. (pexels.com)

Mobimoto.com - Salah satu masalah yang dihadapi oleh negara-negara dengan populasi yang padat seperti India adalah kemacetan lalu lintas.

Sama seperti di kota-kota besar di Indonesia, suasana jalanan di beberapa kota di India seperti Mumbai pun semrawut di waktu-waktu tertentu.

Tak jauh beda dengan perilaku pengendara di Tanah Air,  pengendara di Mumbai pun sering tak sabaran ketika terebak macet.

Mereka sering membunyikan klakson kendaraannya agar kendaraan di depannya segera jalan. Namun, hal itu justru bikin jengkel banyak orang.

Pihak kepolisian pun kemudian turun tangan dan memberikan strategi jitu agar pengendara tak membunyikan klakson kendaraannya yang memekakkan telinga, bagaimana caranya?

Cara jitu kepolisian Mumbai cegah berisik klakson saat macet.[Twitter/MumbaiPolice]
Cara jitu kepolisian Mumbai cegah berisik klakson saat macet.[Twitter/MumbaiPolice]

*Klik pada gambar untuk unggahan video terkait.

Dalam video tersebut ditampakkan bagaimana macetnya lalu lintas di Kota Mumbai. Pengendara yang tak sabaran pun membunyikan klakson saat macet.

Pihak berwajib kemudian memasang sebuah sensor suara untuk mengukur kepekakkan suara yang dihasilkan klakson kendaraan.

Pada batasan tertentu, pengendara yang tak sabaran akan kena batunya karena sensor akan membuat lampu merah menyala semakin lama.

Hal tersebut membuat banyak pengendara jera dan tak lagi mengklakson-klakson kendaraan di depannya di kala macet melanda.

Kayaknya cocok juga nih kalau diterapkan di Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini