Events

Dalam Beberapa Dekade, F1 Akan Pakai Mesin Elektrik?

Dalam beberapa tahun mendatang, akankah mesin elektrik akan diterapkan di Formula 1?

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Max Verstappen. (Instagram/@maxverstappen1)
Max Verstappen. (Instagram/@maxverstappen1)

Mobimoto.com - F1 akan bisa jadi akan beralih menggunakan mesin elektrik dalam dekade mendatang.

"Hal itu mungkin terjadi jika bisa menyuguhkan tontonan menarik dan jumlah penonton lebih besar." menurut Direktur Olahraga f1, Ross Brawn.

F1 telah beralih dari menggunakan mesin V8 menjadi V6-hybrid pada tahun 2014, daan saat ini sedang mempersiapkan untuk menyiapkan aturan mesin baru untuk tahun 2021.

Formula E menjadi awal dari ajang balap yang menggunakan mesin elektrik setelah diperkenalkan pada 2014.

Seri ini menarik sejumlah produsen baru, sebut saja Jaguar, BMW dan Nissan. Sementara, Mercedes-Benz dan Porsche berencana untuk bergabung dengan 2019. 

Formula E. (crash.net)
Formula E. (crash.net)

 

"Kita harus menghormati apa yang telah Formula E raih, tetapi untuk sekarang jika anda melihat jumlah penontonnya tidak sebanding." ujar Ross Brawn kepada F1 Fan Voice.

"Saya pikir F1 akan berkembang ke arah yang memiliki keseimbangan antara olahraga, relevansi dan keterlibatan penggemar, tapi jika lima tahun mendatang ada kebutuhan (untuk menggunakan mesin elektrik) maka kita akan melakukannya."

"Untuk urusan penonton, Formula E masih junior." tambahnya.

"Produsen yang mengikuti F1 saat ini berkomitmen dengan mesin yang mereka miliki, haruskah ada revolusi? Saya kira untuk sekarang tidak." pungkas Ross Brawn.

Berita Terkait

Berita Terkini