Events

Jelang GP Silverstone, Michelin Tambah Opsi Ban

Sirkuit ini telah diaspal ulang sehingga Michelin belum mengetahui situasi terbaru terkait permukaan trek

Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal

MotoGP 2018. (Instagram/@motogp).
MotoGP 2018. (Instagram/@motogp).

Mobimoto.com - Michelin mengkonfirmasi hadirnya tambahan variasi ban jelang MotoGP seri Silverstone, Inggris.

Perusahaan ban asal Prancis itu menyediakan sebanyak empat pilihan kompon ban yang berbeda baik itu ban depan maupun belakang.

Tambahan variasi jenis ban itu disediakan sebagai langkah antisipasi pihak Michelin selaku penyedia ban MotoGP mengingat sirkuit Silverstone baru saja di aspal ulang. 

Pihak Michelin mengaku tidak bisa melakukan tes pascaperbaikan sirkuit sehingga urung diketahui karakteristik apa yang pas soal ban untuk balapan. Solusinya, mereka harus menambah jenis kompon ban.

Spesifikasi ban depan bakal punya opsi empuk asimetris, dengan sisi kanan yang lebih keras sementara untuk opsi medium dan hard akan tetap simetris.

Sementara itu, keempat ban belakang akan menjadi asimetris dengan sisi kanan yang lebih keras karena sisi itu lebih cepat habis di sirkuit Inggris ini. Sementara dua opsi lain yakni soft dan wet tetap ada.

Manajer Roda Dua Motorsport Michelin, Piero Taramasso, menjelaskan bahwa perlunya banyak pilihan dikarenakan sirkuit ini untuk pertama kali diaspal ulang setelah 22 tahun. Sementara Michelin belum sempat melakukan tes di sana.

MotoGP/pixabay.com
MotoGP/pixabay.com

Pengaspalan ulang sirkuit ini bertujuan agar sirkuit lebih halus, Namun pascagelaran F1 Juli lalu, sirkuit ini dilaporkan lebih bergelombang dari sebelumnya.

''Ini adalah tantangan besar bagi Michelin dan kita sedang menangani sirkuit terpanjang tahun ini, dan dengan permukaan baru kita tidak punya kesempatan untuk melakukan tes di sana.'' kata Tarmassso.

''Kami punya data dan kami percaya diri bahwa kita punya opsi karet yang benar untuk permukaan baru.''

Michelin juga pernah mengalami kondisi serupa di sirkuit Argentina. Sirkuit Termas de Rio Hondo ini memiliki lapisan yang abrasif dan beberapa bagian sirkuit juga diaspal ulang.

Berita Terkait

Berita Terkini