Events

Laga MotoGP Inggris 2018 Dibatalkan, Inilah Keputusan Akhirnya

Penghujung kisah dari pembatalan laga MotoGP Inggris 2018.

Agung Pratnyawan | Husna Rahmayunita

MotoGP Inggris 2018 batal. (Twitter/@MotoGP)
MotoGP Inggris 2018 batal. (Twitter/@MotoGP)

Mobimoto.com - Kabar cukup mengecewakan datang dari dunia MotoGP 2018, laga di Silverstone Inggris pada Minggu (26/8/2018) terpaksa dibatalkan karena hujan deras. Meski tak bisa bisa menyalahkan cuca, hal itu tentunya disayangkan para pebalap, tim dan penyelenggara MotoGP.

Drama cuaca memang pada hari itu memang cukup membuat pusing. Untuk pertama kalinya sejak tahun 1980 di Salzburgring, penyelenggara MotoGP terpaksa membatalkan laga karena hujan deras.

Kekecewaan pun datang dari pebalap Yamaha, Maverick Vinales. Pebalap berusia 23 tahun itu menjadi yang tercepat pada saat warm-up sesaat sebelum hujan turun. Catatan waktu 2 menit 1,980 detik sudah diterohkan tapi sayang prestasi itu tidak bisa dilanjutkan.

Sementara di belakang nama Maverick Vinales, ada Andrea Dovizioso dengan waktu 2 menit 2,183 detik dan Marc Marquez yang menorehkan waktu 2 menit 2,550 detik. Dan di posisi ke-empat dan kel-lima ditempati Jorge Lorenzo dan Cal Crutchlow.

Karena trek yang buruk, balapan pun kemudian ditunda. Pihak IRTA, Tim MotoGP dan Dorna melakukan diskusi dan diputuskan jika hari Senin (27/8/2018) bukan waktu yang tepat untuk melanjutkan balapan.

Jadi, balapan mau tak mau harus dilakukan hari Minggu itu juga dengan memeriksa trek apakah aman dan memungkinkan untuk balapan. Tapi sayangnya berujung pada pembatalan balapan di Silvertone.

Dengan kejadian ini, kondisi Sirkuit Silverstone, Inggris kemudian dipertanyakan. Loris Capirossi selaku penasihat keamanan Dorna angkat bicara.

Loris Capirossi. (Loris Capirossi)
Loris Capirossi. (Loris Capirossi)

Menurutnya, tidak akan ada balapan di hari Minggu dan Senin. Silverstone memiliki aspal yang buruk. Air tidak akan bisa mengalir dengan baik di aspal baru dan genangan bakal ada di mana-mana.

Di lain pihak, beberapa pebalap pun ternyata sempat diajak berdiskusi apakah ingin meneruskan balapan atau tidak. Tapi kebanyakan dari mereka memilih untuk berhenti.

''Itu sebabnya kami memutuskan bersama. Para pebalap menyadari kondisi lintasan yang tidak aman dan berhenti berlomba,'' kata Loris Capurossi seperti yang dikutip dari laman Speedweek.com.

Bisa disimpulkan, balapan di Silverstone terpaksa dibatalkan demi keamanan dan menjaga keselamatan pebalap. Mengingat, Tito Rabat mengalami cedera parah pada saat latihan di hari Sabtu (25/8/2018). Untuk itu, ini adalah keputusan terbaik.

Tim MotoGP belum mengonfirmasi cara apa yang akan dilakukan untuk menebus laga Silverstone.

Berita Terkait

Berita Terkini