Events

Ulang Tahun ke-40, Inilah Momen Penting Karier MotoGP Valentino Rossi

Berulang tahun ke 40, yuk, kita intip momen penting Valentino Rossi selama 23 tahun berkarier di MotoGP.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Valentino Rossi
Valentino Rossi

Mobimoto.com - Pembalap senior yang telah dianggap sebagai legenda di MotoGP, Valentino Rossi, hari ini merayakan ulang tahunnya yang ke-40. Usia The Doctor memang sudah tak muda lagi, tapi kemampuan dan insting membalapnya, masih boleh diadu. Bagi para Rossifumi, sebutan untuk penggemar Valentino Rossi, yuk kita lihat lagi momen penting karier MotoGP The Doctor.

Valentino Rossi lahir di Urbino, Italia pada 16 Februari 1979. Pembalap 182 sentimeter ini memang lahir dari keluarga pembalap. Sang ayah, Graziano Rossi, juga merupakan pembalap besar di era 70an.

Hidup di lingkungan yang dekat dengan dunia balap motor, membuat Valentino Rossi pun terjun ke dunia yang sama seperti sang ayah.

Vale, memulai debut di dunia balap pada 1996. Bersama tim Scuderia AGV Aprilia di kelas 125cc. Hanya butuh satu tahun bagi Valentino Rossi untuk menjadi juara dunia di kelas 125cc. Ya, bersama Nastro Azzuro Aprilia ia berhasil merengkuh juara dunia kelas 125cc di tahun 1997.

Dilansir dari situs resmi MotoGP, yuk kita kulik lebih dalam momen penting 23 tahun karier Valentino Rossi di dunia balap MotoGP.

Phillip Island 2001

Valentino Rossi Saat Membela Nastro Azzurro Honda di Tahun 2001. (Venus)
Valentino Rossi Saat Membela Nastro Azzurro Honda di Tahun 2001. (Venus)

Pada musim balap 2001, sirkuit Phillip Island, Australia jadi saksi Valentino Rossi merengkuh juara dunia untuk pertama kalinya di kelas tertinggi MotoGP, 500cc.

Bersama tim Nastro Azzurro Honda, Valentino Rossi berhasil mengumpulkan 325 poin. Selisih 106 poin dari senironya, Max Biaggi.

Afrika Selatan 2004

Musim Perdana Valentino Rossi Bersama Yamaha. (Pinterest)
Musim Perdana Valentino Rossi Bersama Yamaha. (Pinterest)

Tahun 2004 jadi momen yang cukup emosional bagi Valentino Rossi. Setelah tiga tahun membela Honda, sirkuit Phakisa di Afrika Selatan jadi saksi Valentino Rossi berpindah hati ke Yamaha.

Laguna Seca 2008

Valentino Rossi Bersama Fiat Yamaha Team. (Pinterest)
Valentino Rossi Bersama Fiat Yamaha Team. (Pinterest)

Di musim 2008, The Doctor lagi-lagi berhasil menjadi juara dunia. Tapi, momen balapan paling ikonik terjadi di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat.

Saat itu, duel sengit antara Valentino Rossi dan Casey Stoner benar-benar luar biasa dan intens. Kedua pembalap secara bergantian menjajaki podium pertama di tiap seri balap MotoGP.

Di usianya yang ke-40, mampukah Valentino Rossi menorehkan momen baru di karier MotoGP musim 2019 ini? Jadi juara dunia, mungkin? Kita nantikan saja. Buon Compleanno, Valentino Rossi.

Berita Terkait

Berita Terkini