Events

Akan Bertanding di Korea, Rio Haryanto Sempatkan Mampir GIIAS 2019

Tak diduga-dua, Rio Haryanto hadiri acara di GIIAS 2019.

Angga Roni Priambodo

Rio Haryanto. (Instagram/@rharyantoracing)
Rio Haryanto. (Instagram/@rharyantoracing)

Mobimoto.com - Dalam perhelatan GAIKINDO Indonesia International Auto Show atau GIIAS 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Provinsi Banten, Toyota menggelar eksibishi Electrification Day bertajuk "How Hybrid Are You?". Rio Haryanto hadir pekan lalu (19/7/2019) sebagai bintang tamu, sekaligus pemilik pertama Toyota C-HR Hybrid di Tanah Air.

Rio Haryanto dalam kabin New Toyota C-HR Hybrid [Instagram: rharyantoracing].
Rio Haryanto dalam kabin New Toyota C-HR Hybrid [Instagram: rharyantoracing].

Naik pentas bersama Master of Ceremony alias MC, Rio Haryanto berbagi pandangan tentang pemilihan tunggangan terelektrifikasi. Khususnya saat meminang Toyota C-HR Hybrid.

Sampai sekarang, sudah dua bulan putra bungsu pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati itu mengandalkan Toyota C-HR Hybrid sebagai tunggangan harian, meski kesempatannya menyetir masih terbatas seputar Jakarta.

"Sangat fun to drive, sporty dan stylist penampilannya. Apalagi side lights kiri kanan, saat dinyalakan. Saya sangat suka," cerita Rio Haryanto yang muncul pula dalam klip video pariwara tunggangan terelektrifikasi ini, menggunakan Toyota C-HR Hybrid warna biru tosca.

Tenaga yang sangat agresif (mencapai 99 daya kuda, dengan mesin 1.798 cc), bilang Rio Haryanto, menjadi salah satu faktor ia mengidamkan mobil terelektrifikasi tadi. Sementara sasis juga bagus, sangat stiff (atau dengan kata lainnya rigid), mirip mobil Eropa.

"Sepanjang dua bulan ini pula saya merasa sangat confident dan nyaman, apalagi saat berkendara terasa sangat smooth, tanpa ada suara dan getaran seperti mobil konvensional," imbuhnya.

Driver nasional yang saat ini menjadi penasehat Team Toyota Indonesia (TTI) serta pernah berlaga di pentas Formula One (F1) bersama tim Manor Racing menyatakan bahwa saat ia diundang menghadiri peluncuran Toyota C-HR Hybrid, seketika itu ia ingin langsung beli.

"I am happy to drive, dan menjadi customer pertama. Memang dari awal saya melihat secara environmental, sekarang ini kita sudah mengarah ke environmental friendly, dan effiency," ujarnya.

Sehingga membeli produk senilai Rp 523,35 juta itu akan sangat mengirit bensin atau  efisien.

"Saat jalanan macet akan sangat terasa, betapa efisiennya menggunakan produk hybrid," tukas Rio Haryanto.

Berbincang soal kesibukannya saat ini, Rio Haryanto tengah berlatih kardio dan menjaga fisik. Rupanya, sekitar dua minggu lagi (3-4/8/2019) ia akan bertarung di Blancpain GT World Challenge Asia 2019.

Balapan akan dilangsungkan di Sirkuit Yeongam, Korea Selatan. Rio Haryanto akan turun bersama tim T2 Motorsport, bersama David Tjiptobiantoro, dan andalan Ferrari 488 GT3.

Dalam Electrification Day bertajuk "How Hybrid Are You?" itu, selain Rio Haryanto juga hadir para pembesar Toyota, antara lain Daisuke Itagaki, Senior Manager Coodinator TDEM, serta Anton Jimmi Suwandy dan Kazunori Minamide, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM). Bersama para peserta, mereka berempat membedah Toyota Prius Gen-4 X-Ray yang ditampilkan di booth Toyota.

Sejak 1990-an, Toyota mempercepat upaya penelitian Research and Development (R&D) terhadap ragam tunggangan bertenaga baterai, seperti Battery Electric Vehicle (BEV), Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), Pug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) serra Hybrid Electric Vehicle (HEV). Toyota Prius Gen-4 X-Ray sendiri masuk ke kategori HEV.

Suara.com/RR Ukirsari Manggalani.

Berita Terkait

Berita Terkini