Events

3 Faktor Ini Ungkap Kenapa Suzuki Berpeluang Jadi Jawara MotoGP 2020

Masalah utama Suzuki hanyalah inkonsistensi, mampukah mereka mengatasinya?

Galih Priatmojo | Cesar Uji Tawakal

Peluncuran motor MotoGP Suzuki. (Youtube/MotoGP)
Peluncuran motor MotoGP Suzuki. (Youtube/MotoGP)

Mobimoto.com - Jelang seri balapan perdana MotoGP yang digelar di Sirkuit Qatar pekan depan (8/3/2020), setiap pembalap dan juga tim mereka tentu sedang menjalani waktu yang krusial terkait persiapan balap.

Begitu juga halnya dengan tim Suzuki. Namun dengan pengalaman yang semakin banyak membuat mereka kini tentu tak mau cuma dianggap sebagai kuda hitam.

Berbekal pembalap andalan mereka Alex Rins yang kian tajam dari musim ke musim, serta performa Joan Mir yang kini tak bisa dianggap sepele, membuat mereka diperhitungkan sebagai kandidat peraih gelar musim ini.

Namun tak cuma itu, ada tiga faktor utama yang membuat tim ini bisa saja membuat kejutan dengan meraih juara dunia yang terakhir kali mereka lakukan pada tahun 2000. Apa saja faktornya?

1. Marc Marquez Cedera 

Marc Marquez saat jalani tes pramusim di Qatar (Twitter/marcmarquez93)
Marc Marquez saat jalani tes pramusim di Qatar (Twitter/marcmarquez93)

 

Tak seperti musim lalu, cedera Marc Marquez musim ini lebih serius dan menjadi penghambat performa yang signifikan bagi juara dunia musim lalu tersebut. Tak cuma itu, performa Alex Marquez yang tak begitu moncer, serta banyaknya keluhan Cal Crutchlow menjadi cerminan bahwa disinyalir motor balap terbaru Honda tak lebih kompetitif dibanding musim lalu.

Walaupun bisa saja Marc Marquez kembali ke puncak performa, dan juga memaksimalkan potensi motor serta membawa timnya sendirian untuk memenangi tiga gelar, namun jika Suzuki bisa mencuri peluang di beberapa seri awal balapan, tentu hal tersebut bakal membawa dampak psikologis pada Marc Marquez.

2. Kemonceran Yamaha Belum Terbukti 

Valentino Rossi dan Maveric Vinales tampil dalam perkenalan motor baru tim MotoGP 2020 (MotoGP)
Valentino Rossi dan Maveric Vinales tampil dalam perkenalan motor baru tim MotoGP 2020 (MotoGP)

 

Tampil moncer selama sesi tes pramusim bukan berarti Yamaha tampil kuat musim ini. Hal tersebut tercermin dari torehan Maverick Vinales yang dijuluki Raja Tes Qatar karena sering mendominasi sesi tes tersebut selama beberapa musim terakhir.

Namun pencapaian tersebut tak dibarengi dengan datangnya gelar bagi tim berlogo garputala tersebut. Sehingga hal ini bisa dimanfaatkan oleh Suzuki jika mereka mau tancap gas sejak awal kompetisi.

3. Masihkah Duo Ducati Siap Tarung?

Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. (Instagram/@petrux9)
Danilo Petrucci dan Andrea Dovizioso. (Instagram/@petrux9)

Manuver Ducati yang masih belum memperpanjang kontrak dari dua pembalapnya, Danilo Petrucci dan juga Andrea Dovizioso menjadi sinyal bahwa performa mereka masih diragukan.

Tak cuma itu, selama sesi tes pramusim, Ducati juga terkesan tak terlalu bertaji jika dibandingkan dengan para rivalnya. Sehingga tak heran jika Suzuki bisa mengatasi perlawanan Ducati, langkah mereka untuk meraih gelar bakal semakin mulus.

Itulah tiga faktor utama yang menjadi kunci kemenangan bagi Suzuki. Mampukah mereka tampil konsisten dan memanfaatkan setiap peluang dengan baik?

 

Berita Terkait

Berita Terkini