Events

Pentingnya Gunakan ChatBot WhatsApp untuk Bisnis, Cukup Membantu

Ini dia pentingnya ChatBot Whatsapp untuk bisnis kalian.

Gagah Radhitya Widiaseno

Ilustrasi pengoperasian Whatsapp di mobil. (pixabay)
Ilustrasi pengoperasian Whatsapp di mobil. (pixabay)

Mobimoto.com - Chatbot WhatsApp adalah bot cerdas berbasis Artificial Intelligence (AI) yang di program dan diintegrasikan di dalam sistem aplikasi WhatsApp untuk mengirim dan menjawab pesan secara otomatis.

Chatbot WhatsApp memudahkan pelaku bisnis untuk meningkatkan respon sekaligus pengalaman pelanggan. Robot virtual ini bisa di buat dengan gratis maupun berbayar dengan memanfaatkan API dari WhatsApp.

Bagaimana Cara Membuat Bot di WhatsApp?

Tidaklah sesulit yang dibayangkan, anda hanya perlu memahami poin-poin penting, seperti yang kami sebutkan di bawah ini:

  • API WhatsApp Bisnis

Sebelum membuat sebuah chatbot anda harus terlebih dahulu mempunyai API WhatsApp Bisnis. Terdapat 2 cara untuk mendapatkan API WhatsApp yaitu:

  • Berpartner Dengan WhatsApp Business Solution Provider

Cara ini direkomendasikan oleh pihak WhatsApp, anda bisa berpartner dengan Mekari Qontak, kami punya team berpengalaman untuk menangani hal ini.

  • Self Request

Langkah kedua adalah dengan memproses permintaan API secara mandiri, anda bisa mengunjungi situs WhatsApp dan menuju ke halaman application form di WhatsApp dan mengisi formulir yang disediakan.

Isi dari form tersebut antara lain : nama perusahaan, alamat website, alamat perusahaan dan nomor telepon. Sesudah mengisi form dan memenuhi semua persyaratan anda tinggal menunggu proses approval dari pihak WhatsApp, proses approval biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 6 bulan.

Langkah kedua ini memang memerlukan waktu yang lebih lama di bandingkan dengan berpartner dengan Business Solution Provider yang memang di sarankan sendiri oleh pihak WhatsApp.

Ada banyak keuntungan jika anda menggunakan jasa resmi atau BSP yaitu anda akan di dampingi dari awal intergrasi API sampai dengan pembuatan robot virtual.

Untuk anda yang mempunyai sebuah usaha, memilih WhatsApp Businees Solution Provider menjadi solusi tepat untuk memangkas semua batasan dan keruwetan yang akan di hadapi karyawan anda dalam proses verifikasi dan integrasi.

  • Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Karena anda akan beralih dari WhatsApp Bisnis ke WhatsApp Bisnis API, maka anda perlu melakukan verifikasi akun facebook manager yang anda miliki.

Untuk memproses hal ini pastikan anda menyiapkan beberapa dokumen penting, antara lain;

  • SIUP/NIB/NPWP bisnis
  • Nama Perusahaan
  • Website URL
  • Email Domain

Sama seperti halnya proses verifikasi API WhatsApp API balasan atau proses status verifikasi ini juga membutuhkan waktu approval.

  • Merancang Alur Percakapan & Bahasa yang di Gunakan

Langkah ketiga adalah membuat peta chat atau percakapan yang akan dilakukan oleh chatbot layanan customer atau calon konsumen dari bisnis anda. Menentukan bahasa yang akan digunakan oleh chatbot tersebut, apakah akan menggunakan bahasa Inggris ataupun Indonesia.

Rancang dengan matang setiap pertanyaan penting dan kemungkinan pertanyaan sulit yang tidak bisa diselesaikan oleh chatbot. Rancangan alur percakapan chatbot ini akan lebih mudah di kerjakan dengan berkonsultasi dengan ahli yang berpengalaman.

  • Pengujian

Setelah robot virtual ini selesai dibuat, anda perlu melakukan pengujian terhadap fungsi chatbot ini. Pastikan anda sudah mempunyai sample data yang cukup sebelum chatbot ini di release untuk melakukan pelayanan terhadap konsumen anda.

Manfaat Menggunakan Chatbot WhatsApp Untuk Bisnis

Jika berbicara data, pada tahun 2019, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai jumlah pengguna WhatsApp terbanyak ketiga yang ada di dunia. Hadirnya sebuah bot yang mempunyai fitur canggih dan diintegrasikan di WhatsApp semakin memberi manfaat yang besar, terutama sebagai dukungan operasional customer service anda.

Bisnis ini nantinya bisa terhubung dengan para customer anda lewat platform yang sudah dipercaya. Terutama pada era yang mengharuskan mengurangi sentuhan fisik seperti saat ini, pemakaian WhatsApp bisa dikatakan sebagai salah satu kunci yang dapat menghubungkan di antara perusahaan dan juga customer.

Harus diketahui bahwa tool ini mempunyai beberapa kelebihan yang harus diketahui sehingga Anda lebih yakin ketika menggunakannya, kelebihan tersebut antara lain :

  • Meningkatkan Sales

Agar bisa untuk meningkatkan sales, software ini mampu bekerja selayaknya seorang salesman.

Pekerjaan salesman seperti mencarikan berbagai produk yang sesuai, memperkenalkan produk, menawarkan sebuah produk sampai melakukan pencatatan pesanan bisa dilakukan hanya menggunakan aplikasi bot WA.

Lewat data yang sudah dikumpulkan oleh bot, tim marketing bisa melakukan analisis terhadap pengunjung yang mana merupakan pelanggan potensial di perusahaan tersebut.

  • 24 Jam Melayani Pelanggan

Bagi sebuah bisnis responsif merupakan hal terpenting terutama untuk bisnis penawaran jasa konsultasi.

Pelanggan bisa meninggalkan anda jika tidak mampu untuk memberikan pelayanan yang cepat. Oleh sebab itu penggunaan bot untuk sebuah perusahaan harus bersedih memberikan pelayanan konsultasi untuk pelanggan 24 jam penuh.

Anda bisa melihat kemampuan chatbot WhatsApp pedulilindungi melayani begitu banyak orang dengan respons yang cepat.

  • Menghemat Biaya dan Efisiensi Kinerja

Para pengguna bot pintar ini dapat lebih mengefisiensi kerja, karena pekerjaan tersebut sudah dilakukan optimasi sehingga tidak harus membalas dengan cara manual. Menggunakan bot mampu untuk menghemat dari segi biaya, baik itu dari penyedia layanan konsultasi atau pelanggan.

Jika penyedia layanan bisa melakukan penghematan biaya karena tidak harus memasukkan atau menambah pekerja untuk sekedar membalas teks pesan yang masuk. Pelanggan mendapatkan penghematan dari segi biaya karena tidak harus mengunjungi penyedia layanan secara langsung.

  • Mudah Ketika Digunakan

Bot ini sudah terintegrasi dengan aplikasi WhatsApp, adanya dukungan banyak pengguna WhatsApp yang ada di Indonesia, memberikan potensi bahwa para pengguna tool ini bisa diterima secara luas.

  • Menaikan Customer Experience

Software pintar ini didesain agar bisa mengembangkan sebuah percakapan yang interaktif.

Ketika melakukan konsultasi, bot bisa memberikan pengiriman pesan atau penawaran rekomendasi atau bantuan yang terkait dengan berbagai masalah pelanggan sehingga nanti pelanggan dapat terbantu.

  • Menghemat Waktu dari Pelanggan

Banyak orang yang berpikir jika software pintar ini menjadi alat yang termudah dan berguna untuk menjalankan bisnis.

Sebuah indikasi bahwa para pelanggan akan terbantu dengan jawaban yang akan diberikan oleh bot. Bot ini bisa menghemat dari segi waktu pelanggan.

Mereka tidak harus menunggu antrean supaya bisa mendapatkan jawaban pertanyaan maupun keluhan dari mereka.

  • Melakukan Riset Pasar Lebih Mudah

Seperti halnya asisten virtual, Bot berfungsi menjadi alat yang memiliki peran dalam melakukan sebuah riset pasar.

Bisa diartikan juga bot ini merupakan aplikasi contact center yang dapat mengumpulkan berbagai informasi para pelanggan yang akan dibutuhkan dalam menyusun strategi marketing atau promosi produk.

  • Tidak Membutuhkan Aplikasi Tambahan

Membuat bot WhatsApp ini memang tidak sulit untuk dilakukan, tidak hanya itu saja Anda juga tidak harus melakukan instalasi maupun memasang aplikasi tambahan.

Masuk ke dalam fitur WhatsApp API, maka bot WhatsApp sudah dilakukan pemasangan pada satu aplikasi saja.

  • Meningkatkan Branding di Media Sosial

Kelebihan lainnya dari bot ini adalah memiliki script yang dapat dilakukan modifikasi agar bisa lebih beradaptasi dengan menggunakan bahasa tertentu yang berasal dari berbagai negara beserta tren yang sedang berjalan.

Hal tersebut akan menguntungkan para penggunanya karena pemakaian media sosial di masyarakat semakin tinggi.

5 Cara Mudah Mendapatkan Chatbot WhatsApp dari Pembuat Terbaik

Untuk dapat menggunakan chatbot whatsapp anda harus bekerjasama dengan partner resmi WhatsApp. Mereka akan membantu anda untuk mendapatkan API dan mengintegrasikanya dengan sistem customer service yang anda miliki.

Dengan menggunakan partner resmi anda akan terbebas dari keruwetan teknis yang akan anda hadapi Berikut ini adalah 5 pilihan whatsapp partner yang bisa anda ajak untuk bekerja sama.

  • Mekari Qontak

Mekari Qontak kami merupakan chatbot whatsapp partner resmi WhatsApp yang sudah berpengalaman lebih dari tahunan dalam mengembangkan chatbot whatsapp dengan system otomasi customer service yang berbasis artificial intelligence.

Komitmen yang tinggi menjadi kunci kesuksesan chatbot whatsapp Mekari Qontak selama ini dalam berpartner dengan banyak perusahaan multinasional.

  • Rezolve.ai

Rezolve adalah perusahaan IT yang didirikan di India. Berkonsentrasi pada teknologi otomasi IT mereka memiliki klien dari seluruh dunia. Rezolve

  • Botcore

Perusahaan teknologi ini berasal dari India, mereka menyediakan layanan teknologi berbasis artificial intelligence.

Tidak hanya membuat bot mereka juga menyediakan layanan konsultasi seputar AI teknologi.

  • Botsify

Botsify merupakan perusahaan Pakistan yang menyediakan jasa integrasi WhatsApp API. Bot buatan dari Botsify mampu melayan konsumen anda dengan cepat.

  • Chatbot.com

Anda juga bisa menggunakan jasa dari chatbot.com untuk membangun customer service yang anda inginkan.

Sama halnya seperti Mekari Qontak, platform yang di sediakan oleh chatbot.com bisa di Integrasikan ke dalam channel channel marketing yang anda gunakan seperti facebook messenger, WhatsApp, youtube dan lain sebagainya.

Jenis dan Cara Kerja Bot yang Bisa Anda Instal di WhatsApp

Ada beberapa bot chat yang bisa anda buat untuk di integrasikan di WhatsApp, berikut ini adalah penjelasanya:

  • Bot Chat Informational

Fungsi chatbot whatsapp satu ini adalah untuk memberi dan menyimpan informasi yang di dapat di Internet. Bot ini bisa dimanfaatkan untuk memberi info dengan segera ketika anda memiliki pertanyaan.

Bot akan merayapi search engine dan mencari artikel yang menjadi jawaban bagi pertanyaan anda.

  • Bot Transaksi/Jual Beli

Tugas utama dari chatbot whatsapp ini adalah menyelesaikan proses jual beli, contoh pemesanan kamar, pembelian produk di toko online (e-commerce), pemesanan tiket dan masih banyak transaksi lainya.

  • Bot Asisstant

Bot ini bekerja berdasarkan perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna bot.

Layaknya asisten pribadi, chatbot whatsapp ini juga bisa memberikan hal-hal hiburan seperti menceritakan lelucon mencarikan lagu favorit anda dan lain-lain.

  • Bot Skilss

Bot hanya akan mengerjakan perintah-perintah khusus saja yang sudah di programkan. Contoh nyata adalah membuka pintu, menyalakan lampu, mesin pembuat kopi dan perintah spesifik lainya.

  • Bot Support

Bot ini sangat membantu proses belajar, jika anda ingin mengetahui tentang definisi sebuah kata anda bisa langsung bertanya kepada bot ini.

Anda tidak harus melakukan riset sendiri tetapi ada bot yang sudah siap membantu anda selama 24 jam penuh.

Penutup

Chatbot WhatsApp bisa di buat dengan menggunakan kecanggihan teknologi Artificial Intelligence (AI), yang memungkinkan robot ini bisa berkomunikasi dengan customer seperti layaknya manusia.

Selain komunikasi software pintar ini membantu pemilik bisnis mengelola kebutuhan customer yang berbeda antara satu dan yang lain dengan cara terbaik. Layanan chatbot WhatsApp bermanfaat untuk semua jenis bisnis, mulai dari ritel hingga perawatan kesehatan, dari layanan profesional hingga e-commerce dan hiburan.

Ketika bisnis anda semakin membesar anda harus membangun sistem cerdas yang mempermudah atau membantu bisnis anda. Fitur chatbot bisa di customize sesuai kebutuhan bisnis.

Berita Terkait

Berita Terkini