Motor

New Ninja ZX-10R 2019, Jawaban 'Geng Ijo' Untuk Bungkam Rival

Tekanan dari para rivalnya membuat Kawasaki harus berbenah.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)
Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)

Mobimoto.com - Pabrikan motor asal Jepang, Kawasaki, melakukan pembaharuan pada motor 'gacoan' balapnya, ZX-10R. Dilansir dari Visordown Senin (3/9).  Motor ini digunakan oleh Kawasaki Racing Team untuk berkompetisi di ajang balapan motor produksi masal paling bergengsi di dunia, World Superbike. Mendapat tekanan dari para rivalnya di WSBK, varian terkencang dari 'Ninja' series ini mendapat beberapa perubahan untuk mendongkrak performa.

Ducati yang akan menelurkan varian balap dari Paningale V4, BMW S 1000 RR yang diperkirakan akan diluncurkan tahun depan serta beberapa revisi dari Yamaha YZF-R1 membuat persaingan untuk menumbangkan dominasi dari pabrikan motor 'ijo' makin panas. Dan Kawasaki tentu tak akan diam saja mengenai hal ini.

Dengan dihentikannya produksi ZX-10RR model tahun ini, Kawasaki diisukan akan merilis tiga versi dari motor ini. Yakni ZX-10R, ZX-10RR, ZX-10RSE.

Tidak hanya untuk balapan, motor ini juga dijual umum, mejadikannya sebagai salah satu 'super-bike' yang 'road-legal' dengan performa yang lebih kejam daripada model yang diproduksi sebelumnya.

Untuk mendongkrak performa, Kawasaki akan menggunakan mesin baru dengan beberapa teknologi yang paling up-to-date pula.

Mesin Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)
Mesin Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)

 

Pada 'jantung' mesin, Kawasaki akan menggunakan teknologi baru yang disebut katup 'finger-follower'. Hal ini membuat performanya meningkat dikarenakan katup ini lebih ringan 20%. Selisih bobot ini berdampak pada putaran mesin yang bertambah tinggi dan pembakaran yang makin 'padat'.

Tenaga motor ini diklaim akan meningkat sampai 203ps. Dan ada juga tambahan upgrade 'quicksfiter'.

Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)
Kawasaki ZX-10RR 2019. (visordown.com)

 

Varian SE akan mendapat paket suspensi elektrik, sementara varian RR akan menggunakan batang piston titanium, mengurangi massanya sampai setengah kilo yang mana akan berimbas pada kemampuan putaran mesin yang lebih tinggi dan tambahan tenaga mencapai 204ps, tanpa bantuan 'ram-air'.

Namun untuk masalah harga, motor ini belum diketahui akan dibanderol berapa kelak saat dirilis.

Berita Terkait

Berita Terkini