Mobil

Belum Banyak Yang Tahu, Ini dia Asal-Usul Nama Toyota Kijang

Nama ini dicetuskan oleh Wapres Jusuf Kalla, lho.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Toyota Kijang. (Instagram/@kingauto26)
Toyota Kijang. (Instagram/@kingauto26)

Mobimoto.com - Membahas kendaraan roda empat di Indonesia pasti tidak asing dengan merek Toyota Kijang. Mobil tersebut identik dengan desainnya yang kaku namun nyentrik pada masanya. Toyota Kijang juga dianggap sebagai mobil legendaris ditanah air karena sampai sekarang masih banyak penggemarnya.

Toyota Kijang mengapal di tanah air sejak tahun 1970-an. Melihat pangsa yang kering akan kendaraan roda empat, nama Toyota Kijang langsung melejit dan digandrungi mereka pecinta otomotif.  Regenerasi Toyota Kijang pun makin berkembang  sampai sekarang.

Bentuk Toyota Kijang terbaru dikenal dengan nama Kijang Innova. Dengan bodinya yang lebar, mobil itu biasanya diandalkan sebagai mobil keluarga. Di sisi lain, meski tidak asing dengan namanya tapi belum banyak orang yang tahu asal usul nama Toyota Kijang yang sebenarnya.

Dari pada penasaran, mari kita ungkap faktanya.

Toyota Kijang. (Instagram/gifariandisnugroho)
Toyota Kijang. (Instagram/gifariandisnugroho)

Dikutip dari berbagai sumber, Kijang merupakan akronim dari ''Kerjasama Indonesia Jepang''. Jusuf Kalla yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden Indonesia lah yang mencetuskan nama itu.

Pada tahun 1970-an, Jusuf Kalla melakukan pertemuan dengan distributor Toyota yang tersebut di seluruh Indonesia. Agar kompak menyebut mobil yang baru diluncurkan, Jusuf Kalla mengusulkan beberapa nama.

Peserta pertemuan itu pun kemudian satu suara memilih nama Kijang untuk mobil Toyota terbaru di tahun 1970. Alhasil nama Toyota Kijang menggaung dan dikenal sebagai mobil legendaris Indonesia.

Berita Terkait

Berita Terkini