Motor

Niatnya Mau Ganti Ban Motor, Orang Ini Malah Kena Apes Double

Patahnya komponen ini fatal banget lho, Sob

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Ban. (motorcycle.com)
Ilustrasi Ban. (motorcycle.com)

Mobimoto.com - Perawatan berkala pada sepeda motor memang perlu. Selain agar motor tersebut awet, rajin mengganti komponen yang mudah aus itu diperlukan agar kendaraan senantiasa aman. Tak hanya itu, penting juga untuk memeriksa kondisi roda, apakah sudah halus atau belum. Roda yang sudah halus tentu sebaiknya harus cepat diganti. Karena roda halus akan membuat motor mudah tergelincir, membahayakan keselamatan baik pengendara atupun orang lain.

Namun penggantian roda, khususnya pada motor matic hendaknya dilakukan dengan hati-hati, Gaes. Tidak seperti motor bebek dan motor sport, mengganti ban pada motor matic itu sedikit lebih rumit. Jika tidak hati-hati bisa jadi malah rusak, seperti yang satu ini.

Postingan Facebook sang mekanik. (Facebook/BEKAKAS)
Postingan Facebook sang mekanik. (Facebook/BEKAKAS)

Diunggah di Facebook sebuah curhatan mekanik yang menerima pelanggan 'operan' bengkel lain. Mekanik ini hendak mengganti ban, namun yang terjadi selanjutnya diluar dugaan.

Bukannya copot, bagian kaki-kaki matic yang menyangga ban dan knalpot tersebut malah patah.

Patahnya kaki-kaki atau 'arm' tersebut bisa disebabkan banyak faktor, antara lain sering 'menghajar' jalan berlubang, atau pernah kecelakaan. Karena komponen ini seharusnya dibangun dengan kokoh karena ini merupakan bagian penyangga ban yang vital.

Arm penyangga knalpot patah. (Facebook/BEKAKAS)
Arm penyangga knalpot patah. (Facebook/BEKAKAS)

Tapi hal tersebut tidak menutup kemungkinan adanya cacat produksi atau ketidaktrampilan mekanik dalam mengganti komponen. Hati-hati kalau memilih bengkel ya, Gaes!

Berita Terkait

Berita Terkini