Motor

Ternyata Keluarga Jusuf Kalla Punya Bisnis Otomotif, Apa Saja Ya?

Mulai dari persewaan hingga jaringan dealer, semua ada.

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. (Instagram/@jusufkalla)
Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. (Instagram/@jusufkalla)

Mobimoto.com - Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, berasal dari kalangan pebisnis sebelum terjun dalam dunia politik. Pada tahun 1968 dirinya pernah menjadi CEO dari perusahaan bisnis keluarganya, NV Hadji Kalla.

Di bawah kepemimpinan Jusuf Kalla, perusahaan ini berkembang dari yang mulanya bergerak di bisnis ekspor-impor, meluas ke aneka macam bidang lainnya. Seperti perhotelan, konstruksi,  perkapalan dan lain-lain.

Tak hanya itu, Kalla Group, perusahaan yang pernah dikelola Wakil Presiden RI ini juga memiliki bisnis otomotif, apa saja itu?

Toyota Corolla 2019. (Carscoops)
Ilustrasi mobil Toyota. (Carscoops)

1. PT Hadji Kalla (Kalla Toyota)

Perusahaan inin merupakan salah satu Authorized Main Dealer atau diler utama untuk wilayah pemasaran di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Saat ini perusahaan ini memiliki 25 cabang yang beroperasi meliputi penjualan, servis dan penyediaan suku cadang.

Daihatsu All New Terios. (daihatsu.co.id)
Ilustrasi Daihatsu. (daihatsu.co.id)

2. PT Makassar Raya Motor

Berbeda dengan sebelumnya, perusahaan ini menjual kendaraan Daihatsu di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara.

City Car Kia. (news.com)
City Car Kia. (news.com)

3. PT Kars Inti Amanah (Kalla Kia)

Perusahaan yang bermarkas di Makasar, Sulawesi Selatan ini setipe dengan dua perusahaan sebelumnya, yakni bergerak di bidang penjualan kendaraan, hanya saja bedanya adalah perusahaan ini 'memegang' merek KIA.

opir bus. (pnomphenpost.com)
Ilustrasi bus. (pnomphenpost.com)

4. PT Bumi Jasa Utama

Perusahaan ini paling berbeda dari perusahaan yang sudah disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan perusahaan ini bergerak di bidang jasa persewaan kendaraan baik untuk kepentingan perusahaan maupun pribadi. Tak hanya itu, perusahaan ini juga menyediakan jasa sewa beragam tipe bus pariwisata.

Itulah beberapa bisnis otomotif yang dikelola oleh keluarga dari Wakil Presiden Jusuf Kala.

Berita Terkait

Berita Terkini