Motor

Suzuki Hayabusa, Motor Tercepat di Dunia Disuntik Mati

Miris, dulu tercepat tapi kini hanya tinggal nama.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Suzuki Hayabusa. (visordown.com)
Suzuki Hayabusa. (visordown.com)

Mobimoto.com - Seiring berjalannya waktu, produksi sepeda motor di dunia makin berkembang. Tapi ada juga yang tinggal nama alias termakan usia, seperti merek Hayabusa keluaran Suzuki.

Hayabusa diambil dari bahasa Jepang yang berarti burung elang. Nama itu cocok diberikan motor hyper sport berbentuk sangar itu.

Hayabusa generasi pertama yang diproduksi tahun 1999 dikenal dengan nama Suzuki GSX 1300R. Kehadirannyaberhasil memecahkan rekor Honda CBR1100XX Super Blackbird sebagai sepeda motor produksi tercepat di dunia.

Sebagai motor tercepat di dunia, Hayabusa memiliki kecepatan maksimal 305 km/jam. Dibutuhkan waktu 3,13 detik untuk berkaselari dari kecepatan 100 - 130 km/jam.

Selain itu, berkat kombinasi mesin 1.299 cc, 4 silinder, DOHC dan berpendingin udara, motor mampu menghasilkan tenaga maksimal 156, 1 HP dengan torsi puncak 127 Nm.

Suzuki Hayabusa. (indiatvnews.com)
Suzuki Hayabusa. (indiatvnews.com)

Cukup lama hadir di pasaran, Hayabusa generasi pertama bertahan dari tahun 1999-2007. Setahun berselang, seri kedua diluncurkan dengan komposisi mesin yag sedikit berbeda sekaligus menjadi pesaing dari BMW K1200S dan Kawasaki Ninja ZX-12R.

Motor baru dibekali mesin berkapasitas 1.340 cc, 4 silinder, DOHC, memiliki kekuatan maksimal 171 HP dan torsi puncak 139 Nm. 

Sayang, hampir dua puluh decade pasca produksi, Hayabusa terpaksa disuntik mati karena dianggap telah melanggar norma Euro-VI. Motor itu berstatus ilegal di Eropa per tanggal 31 Desember dan perusahaan induknya diberi waktu dua tahun untuk menjual stok yang tersisa di pasaran Amerika dan Asia.

Berita Terkait

Berita Terkini