Motor

Makin Panas, Honda Kembangkan VVT di Motor Siap Saingi BMW ShiftCam

Tak hanya BMW shiftCam, VVT motor honda juga bakal susul Ducati DVT dan Suzuki SR-VVT.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Honda Kembangkan Teknologi VVT Untuk Sepeda Motor. (Ride Apart)
Honda Kembangkan Teknologi VVT Untuk Sepeda Motor. (Ride Apart)

Mobimoto.com - Tahun 2018, BMW memperkenalkan teknologi ShiftCam untuk lini sepeda motor mereka. Variable Valve Timing atau VVT memang jadi hal menarik di industri sepeda motor. Jika BMW punya ShiftCam, Honda pun tidak ingin ketinggalan dengan mematenkan VVT untuk sepeda motor mereka.

Honda memang sudah tidak asing lagi dengan teknologi VVT, mobil-mobil Honda memiliki sistem VTEC yang bisa meningkatkan tenaga kendaraan dengan mesin yang tetap berjalan halus.

Pada 3 Januari 2019, Honda Motor Corp sedang mengerjakan sebuah sistem VVT untuk sepeda motor Honda.

Seperti dilansir Ride Apart, sistem baru VVT ini berfokus pada kemampuan dalam kecepatan dan ketepatan dalam membuka dan menutup katup.

Honda Kembangkan Teknologi VVT Untuk Sepeda Motor. (Ride Apart)
Honda Kembangkan Teknologi VVT Untuk Sepeda Motor. (Ride Apart)

 

VVT sendiri memang bukan jadi hal baru di industri otomotif, mengadaptasi konsep kecepatan buka-tutup katup mesin yang sudah hadir sejak tahun 1920.

Sistem VTEC buatan Honda sendiri sudah ada sejak 1989 pada lini mobil Integra. Honda, setidaknya butuh waktu satu dekade untuk mentransformasi teknologi tersebut ke jajaran sepeda motor mereka di Honda CB400 Super Four pada 1999.

Kini, Honda nampak ingin memanaskan pasar teknolgi VVT di sepeda motor, mengikuti para kompetitornya. Seperti diketahui, beberapa produsen sepeda motor sudah memiliki teknologi VVT di sepeda motor mereka.

Honda, tentu tidak ingin ketinggalan dari BMW dengan ShiftCam, Ducati dengan DVT dan Suzuki dengan SR-VVT. Bukan tidak mungkin, teknologi VVT untuk sepeda motor dari Honda ini akan digunakan pada Honda CBR 1000RR.

Berita Terkait

Berita Terkini