Motor

Aksi Nekat Pengendara Kawasaki Ninja Terjang Medan Off-road, Gereget Pol!

Berani ikutan?

Agung Pratnyawan | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Kawasaki Ninja 400. (visordown.com)
Ilustrasi Kawasaki Ninja 400. (visordown.com)

Mobimoto.com - Saat teringat motor untuk medan off-road alias keluar aspal, maka pikiran langsung biasanya langsung terarah pada motor trail. Di Indonesia sendiri, motor jenis ini yang paling lazim ditemui adalah Kawasaki KLX dan Honda CRF.

Namun apa jadinya jika motor sport fairing yang notabene spesial jalanan dipakai untuk 'berkotor ria' di medan off-road?  Seperti Kawasaki Ninja yang satu ini?

Pengendara Ninja yang nekat menerjang medan off-road. (Facebook/MXForos)
Pengendara Ninja yang nekat menerjang medan off-road. (Facebook/MXForos)

 

Nekat? Atau sembrono? Walaupun sah-sah saja bagi pemilik sepeda motor sport fairing untuk 'keluar jalan' sesuka hati, namun ada beberapa faktor yang wajib dipertimbangkan. Utamanya faktor keselamatan.

Setidaknya itulah yang dipikirkan oleh sang pemilik sirkuit. Di menjelang akhir video di bawah ini, si pengendara Ninja harus menyudahi aksinya lantaran pihak pengelola sirkuit memutuskan untuk membuat Ninja 400 ini menepi lantaran alasan keselamatan baik si pengendara maupun pengguna sirkuit lainnya.

Walaupun aksi pengendara Ninja ini bisa dibilang cukup jago, namun sayang ia terpaksa harus menyudahi 'atraksinya'.

Ditinjau dari kemampuan motor, Mobimoto tidak merekomendasikan penggunaan motor fairing untuk off-road.

Potensi mesin terbakar karena overheat, ban yang kurang mumpuni dan kemampuan motor sport fairing yang bisa dibilang cukup buruk untuk menerjang medan berlumpur adalah faktor utama kenapa aksi ini tidak direkomendasikan.

Berita Terkait

Berita Terkini