Motor

Penjelasan Grab Indonesia Terkait Insiden Order Fiktif yang Viral di Medsos

Beberapa hari lalu ramai di media sosial terkait order fiktif gaya baru di aplikasi Grab. Ini penjelasan pihak Grab Indonesia

Angga Roni Priambodo

Sopir ojol Grab. (Instagram/@grabid)
Sopir ojol Grab. (Instagram/@grabid)

Mobimoto.com - Orderan fiktif dari oknum yang tidak bertanggung jawab acap kali merugikan driver ojek online (Ojol). Mirisnya, beberapa hari lalu, di media sosial dihebohkan viralnya pesan bermuatan orderan fiktif yang konon katanya bisa menyedot saldo driver Ojol khususnya driver dari Grab Indonesia.

Informasi tersebut awalnya diperoleh dari unggahan @dramaojol.id pada Minggu (17/2). Seorang driver mencurahkan pengalamannya saat mendapat pesan orderan fiktif. Dari foto yang tersebar, memang ditampilkan sebuah notifikasi yang cukup berbeda dengan format pesan driver dan customer biasanya.

"GRBC4R MASPION PLAZA 62821869xxxxx," tulis pesan itu.

Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)
Pesan orderan fiktif. (Instagram/@dramaojol.id)

Kabar tersebut pun sudah dimuat oleh Mobimoto.com dalam artikel berjudul Heboh Orderan Fiktif, Driver Ojol Wajib Waspada dengan Pesan Ini

Pasca viralnya unggahan tersebut, kepada redaksi Mobimoto.com, pihak Grab Indonesia pada Senin (18/3) memberikan penjelasannya mengenai modus baru order fiktif yang beredar di media sosial tersebut.

''Grab telah menyelidiki informasi ini dan kami yakin bahwa informasi yang dilaporkan tidak dimungkinkan terjadi di platform Grab. Hingga saat ini, Grab tidak menerima laporan dari mitra pengemudi bahwa hal tersebut benar terjadi pada mereka,'' terang pihak Grab Indonesia dalam surel yang dikirimkan ke redaksi Mobimoto.com.

Meski begitu, mereka mengimbau mitra pengemudi untuk selalu waspada dan tidak memberikan data pribadi atau rahasia apabila dihubungi oleh pihak yang mengaku sebagai perwakilan dari Grab, baik itu melalui telepon, sms atau saluran komunikasi lainnya.

Lebih lanjut, pihak Grab juga meminta kepada masyarakat, apabila memiliki informasi lainnya terkait informasi modus order fiktif ini agar segera melaporkannya ke layanan konsumen Grab atau melalui fitur Help Center di aplikasi Grab agar segera ditindak lanjuti.

Berita Terkait

Berita Terkini