Motor

Legendaris, Motor Tua Triumph Ini Siap Mengaspal setelah Seabad

Motor tua ini direstorasi sehingga bisa kembali mengaspal setelah sekian tahun.

Cesar Uji Tawakal

Motor tua Triumph. (cycleworld.com)
Motor tua Triumph. (cycleworld.com)

Mobimoto.com - Pabrikan sepeda motor Inggris, Triumph, telah berhasil merestorasi sepeda motor pertama yang pernah mereka buat.

Dilansir dari Cycleworld, sepeda motor prototipe 1901 ini dibuat dari sepeda Triumph dan digunakan untuk menyeberang jalan pada saat itu.

Apa yang mereka lakukan untuk mengiklankan dan melihat apakah masyarakat mungkin tertarik untuk membeli barang-barang "sepeda motor" ini.

Prototipe 1901 akan ditampilkan bersamaan dengan Hinckley Triumph ke-sejuta selama acara Triumph Factory Visitor Experience di kantor pusat perusahaan.

Pada tanggal 1 Desember, gerakan tersebut akan diumumkan kepada publik untuk pertama kalinya dalam setidaknya satu abad. Prototipe telah sepenuhnya dipulihkan, dari rangka sepeda Triumph hingga mesin kecil Minerva Belgia.

Motor prototipe Triumph yang berusia 120 tahun. (cycleworld.com)
Motor prototipe Triumph yang berusia 120 tahun. (cycleworld.com)

Pada motor ini, roda belakang tampak digerakkan oleh sabuk panjang yang lebih baru. Tak lupa mereka juga melengkapi motor listrik dengan safety bell dan memelihara hybrid crankset (mesi-kayuh).

Kolektor Dick Shepherd menemukan sepeda motor itu dalam koleksi pribadi, memperhatikan detail non-produksi yang tidak biasa, dan menemukan bahwa mesin itu memiliki surat dengan catatan tahun 1937 dari Triumph.

“Dengan nomor mesin yang konsisten dengan referensi dalam catatan mesin Minerva tentang keterlibatan Triumph pertama tahun 1901, signifikansi historis dari sepeda motor ini menjadi sangat jelas,” kata Shepard dalam siaran pers Triumph.

Berita Terkait

Berita Terkini