Tips

Power Window Macet, Begini Solusi untuk Mengatasinya

Power window menjadi salah satu elemen yang memudahkan pengendara dan penumpang.

Rendy Adrikni Sadikin

Operasional power window pada mobil [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Operasional power window pada mobil [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Mobimoto.com - Power window menawarkan kemudahan pengendara dan penumpang dalam urusan menaikkan dan menurunkan kaca jendela.

Operasionalnya, cukup dengan menekan tombol power window, tanpa perlu memutar engkol lagi.

Karena terbilang sangat sederhana ini, perawatannya kerap diabaikan sehingga terjadi kondisi macet atau tersendat.

Menurut Kosim Chandra, pemilik bengkel aksesoris dan kaca film Sinar Suara Sakti, Bekasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat power window.

"Kalau ada waktu luang, sebaiknya bersihkan karet kaca mobil. Setelah itu bisa disemprot pakai silicone spray sehingga membuat debu ogah menempel lagi," kata Chandra saat ditemui Suara.com di daerah Jatiasih, Kota Bekasi, Rabu (4/7/2018).

Chandra menambahkan, selain karet kaca, bersihkan juga rel power window karena biasanya kotoran menempel di area ini. Agar kondisinya tetap baik, disarankan rutin cuci mobil sehabis melakukan perjalanan jauh.

"Saat cuci mobil, jangan lupa pakai sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet tetap terjaga," terangnya.

Terakhir untuk menjaga kondisi jendela mobil agar tetap awet, sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja. Selain itu,  jangan turunkan kaca di saat kondisi basah.

Berita Terkait

Berita Terkini