Tips

Ini Lho, Waktu Terbaik Untuk Ganti Oli Mobil

Tepat waktu ganti oli akan menjaga performa mesin kendaraan, baik motor maupun mobil tetap dalam kondisi prima. Inilah waktu terbaik untuk mengganti oli mobil kamu.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

Ilustrasi Mengganti Oli Mobil/pxhere.com
Ilustrasi Mengganti Oli Mobil/pxhere.com

Mobimoto.com - Pada kendaraan bermotor, kondisi oli haruslah diperhatikan karena perannya sangat vital bagi kondisi dan bahkan usia mesin. Ganti oli mesin ketika sudah waktunya, jangan ditunda-tunda.

Secara langsung ataupun tidak, kondisi mesin yang baik akan memengaruhi efisiensi bahan bakar dan tentu saja berkaitan dengan pengeluaran kamu tiap bulannya.

Oli pada motor dan mobil punya jangka waktu yang harus benar-benar diperhatikan dengan baik sebelum menggantinya dengan oli baru.

Dilansir dari situs resmi Astra Toyota, untuk kendaraan roda empat, mengganti oli biasanya ada di angka 4.000 hingga 10.000 kilometer.

Tapi akan lebih baik jika kamu tidak mengganti terlalu cepat atau terlalu lama, tapi gantilah oli ketika sudah mencapai 7.000 kilometer.

Ilustrasi Indikator Oli Mesin/pxhere.com
Ilustrasi Indikator Oli Mesin/pxhere.com

Atau kalau kamu bingung menghitung per-kilometernya, hitunglah berdasarkan acuan bulan. Biasanya 4 sampai 5 bulan adalah waktu yang ideal untuk mengganti pelumas mobil.

Tidak hanya mengontrol dan ganti oli saja, kamu juga harus memerhatikan kondisi dan cara mengemudikan mobil.

Untuk pemakaian harian, biasanya oli akan cepat encer dan sebaliknya, jika jarang digunakan maka oli akan jadi lebih mengental.

Sebagai tips tambahan, gunakanlah mobil secara bijak. Hindari mengemudikan mobil selalu dalam kecepatan tinggi dan jika tiba-tiba kondisi mobil jadi aneh, segeralah bawa ke bengkel resmi atau bengkel langganan kamu.

Yang pasti jangan lupa ganti oli mobil ketika sudah waktunya, jangan ditunda-tunda.

Berita Terkait

Berita Terkini