Tips

4 Tips Berikut Ini Baka Membantu Menaikkan Performa si Kuda Besi!

Ada berbagai macam cara untuk menaikkan performa sepeda motor. Berikut adalah tips mudah meningkatkan performa kendaraan anda

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Anin dengan Suzuki GSX-R150/IG:@anindyakputri
Anin dengan Suzuki GSX-R150/IG:@anindyakputri

Mobimoto.com - Ingin performa si kuda besi naik, tapi males untuk menginapkan sepeda motor kesayangan kamu di bengkel balap? Atau bosen dengan performa sepeda motor standar yang gitu-gitu aja? Berikut adalah tips modifikasi plug and play (langsung pasang) yang perlu kamu perhatikan.

1. Ganti ECU/CDI

ECU Sepeda Motor.(hondacengkareng.com)
ECU Sepeda Motor.(hondacengkareng.com)


Bagi anda pemilik kendaraan bermotor yang ingin meningkatkan performa baik tarikan maupun topspeed, mungkin anda perlu mengganti ECU (pada motor injeksi) atau CDI (pada motor karburator). ECU (Engine Control Unit) dan CDI (Capacitor Discharge Ignition) memiliki fungsi yang sama pada kendaraan. Fungsinya adalah untuk mengatur kombinasi campuran antara udara dan bahan bakar serta timing pengapian. Hal ini tentu saja berpengaruh pada efisiensi pembakaran sehingga tenaga yang dikeluarkan akan optimal.

2. Ganti Filter Udara

Filter Udara. (Bhinneka.com)
Filter Udara. (Bhinneka.com)


Banyak filter udara aftermarket di pasaran yang dijual untuk meningkatkan performa kendaraan. Kenapa perlu? Karena sesuai rumus sederhana dalam permesinan, "Makin banyak udara, makin banyak bahan bakar, makin kencang".

Namun penggantian komponen ini memiliki resiko tersendiri, yakni bahan bakar menjadi lebih boros, dan beberapa merk filter udara adalah merk palsu sehingga bisa merusak mesin karena filter udaranya tidak menyaring udara secara optimal sehingga banyak kotoran yang masuk ke mesin.

3. Pilih Oli yang Tepat

Oli mesin dan oli gardan
Oli mesin dan oli gardan


Di toko-toko 'sembako modif' biasanya juga menjual beraneka macam merk oli dengan berbagai macam peruntukannya. Memilih "Oli Racing" atau oli berperforma tinggi akan membantu naiknya performa kendaraan anda karena oli macam ini biasanya mampu mereduksi gesekan pada mesin seminimalisir mungkin sehingga mesin mampu terpacu maksimal.

4. Knalpot Racing

Knalpot Motor Ducati/www.advridermag.com.au
Knalpot Motor Ducati/www.advridermag.com.au


Sudah bukan rahasia lagi bahwa knalpot atau muffler pada sepeda motor juga berpengaruh pada performa kendaraan. Namun biasanya knalpot balap ini memiliki suara yang sangat berisik.

Penggunaan knalpot model ini juga 'mengundang' polisi untuk menilang, sehingga kalau mau menggunakan knalpot ini, harap digunakan untuk kondisi tertentu, misal untuk penggunaan di sirkuit.

Uraian di atas adalah beberapa tips untuk meningkatkan performa si kuda besi. Namun perlu diingat bahwa sebagai sesama pengguna jalanan maka kita perlu untuk tetap berhati-hati di jalanan.

Berita Terkait

Berita Terkini