Tips

Mesin Mobil Tidak Bisa Nyala jika Dua Komponen Ini Rusak

Aki mobil baru aja diganti, tapi mobil masih susah distarter? Coba cek dua komponen ini.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

Ilustrasi Mobil Susah Distarter. (pexels.com/Slobodan Josic)
Ilustrasi Mobil Susah Distarter. (pexels.com/Slobodan Josic)

Mobimoto.com - Aki sering jadi kambing hitam kalau mobil susah distarter, ngaku deh Sob, pasti kamu menyalahkan bahwa aki mobil kamu sudah soak.

Ternyata gak melulu aki soak jadi penyebab mobil yang susah distarter. Kalau baru ganti atau ngecas aki, masa masih mau bilang kalau aki mobil kamu soak?

Dilansir dari situs resmi Suzuki Indonesia, ada dua hal yang bisa kamu periksa kalau mobil kesayangan kamu susah distarter.

1. Alternator
Alternator ini punya fungsi sebagai penyuplai listrik menuju aki, Sob. Nah kalau alternator mobil kamu rusak, mobil akan susah distarter, walaupun kamu sudah ganti aki mobil.

Cek Alternator Mobil Kamu Kalua Mobil Susah Distarter. (yourmechanic.com)
Cek Alternator Mobil Kamu Kalua Mobil Susah Distarter. (yourmechanic.com)

Jangan ragu untuk datangi bengkel kepercayaan kamu untuk melakukan pengecekkan alternator atau malah menggantinya dengan yang baru.

2. Dinamo Starter
Aki mobil masih bagus, alternator yang rusak juga sudah diganti tapi kok mobil masih susah distarter ya?

Cek Juga Dinamo Starter di Mobil Kamu. (accuspark.co.uk)
Cek Juga Dinamo Starter di Mobil Kamu. (accuspark.co.uk)

 

Coba cek dinamo starter kamu Sob. Karena alternator dan dinamo adalah dua komponen yang saling membutuhkan satu sama lain.

Sebetulnya alternator dan dinamo starter itu biasanya berumur panjang, tapi kalau kamu pernah mengganti dua part ini dengan yang kualitasnya kurang bagus, bisa jadi lebih cepat rusak.

Kamu jangan melulu salahin aki mobil kamu ya Sob, kasihan. Kalau mobil kamu susah distarter, jangan ragu untuk melakukan pengecekkan alternator dan dinamo starter di bengkel-bengkel langganan kamu.

Berita Terkait

Berita Terkini