Tips

5 Tips Merawat Mobil di Musim Hujan, Penting Nih

Memasuki musim hujan, ini yang harus kamu lakukan biar mobil tetap cling.

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika

Ilustrasi Mobil Kehujanan. (pexels/Aaron)
Ilustrasi Mobil Kehujanan. (pexels/Aaron)

Mobimoto.com - Tidak terasa tahun 2018 sudah masuk bulan September, artinya, tidak lama lagi akan datang musim hujan. Untuk pemilik mobil, merawat mobil di musim hujan memang tidak mudah, tapi ada 5 tips merawat mobil di musim hujan seperti dilansir dari Daihatsu.

1. Jangan Tunggu Air Hujan Kering di Mobil

Cuci Mobil dan Bilas dengan Air Bersih. (pexels)
Cuci Mobil dan Bilas dengan Air Bersih. (pexels)

Air hujan yang mengering di mobil, beresiko merusak cat dan lapisan mobil kamu Sob. Tidak hanya merusak cat, air hujan juga beresiko menimbulkan jamur pada kaca mobil lho. Segera cuci mobilmu dengan sampo khusus cuci mobil dan bilas dengan air sampai bersih.

2. Rajin Periksa Komponen Mesin

Periksa Kondisi Mesin. (pexels)
Periksa Kondisi Mesin. (pexels)

Karena air sangat mudah masuk melalui celah, jangan malas untuk periksa bagian mesin mobil kamu, Sob. Pastikan tidak ada komponen mesin yang terganggu akibat air hujan yang masuk.

3. Semprot Cairan Silicon

Semprot Cairan Silicon. (YouTube)
Semprot Cairan Silicon. (YouTube)

Tidak hanya mempengaruhi bagian eksterior mobil, air hujan juga mempengaruhi bagian interior mobil lho. Karet dan kaca yang sering terkena hujan dan panas lebih cepat rusak, semprotkan cairan silicon agar bagian tersebut bisa awet ya, Sob.

4. Cegah Jamur dengan Karpet

Ilustrasi Karpet Mobil. (carid)
Ilustrasi Karpet Mobil. (carid)

Masuk ke dalam mobil saat hujan beresiko untuk membuat lantai mobil basah, lalu kotor dan timbul jamur. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa tambahkan karpet untuk melapisi lantai mobil kamu agar tidak lembab dan kotor yang bisa menimbulkan jamur.

5. Parkir Mobil di Tempat yang Tertutup

Gunakan Cover Mobil. (YouTube)
Gunakan Cover Mobil. (YouTube)

 

Setelah mencuci mobil, segera parkirkan mobil di tempat yang aman dan tertutup agar mobil kamu tidak kotor lagi terkena air hujan. Kalau terpaksa diparkir di ruang terbuka, kamu bisa gunakan cover mobil untuk melindungi dari air hujan.

Yuk, Sob, persiapkan diri kamu dan catat 5 tips merawat mobil di musim hujan.

Berita Terkait

Berita Terkini