Tips

3 Tips Penangkal Bokek saat Memilih Sepeda Motor

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih kendaraan, salah satunya adalah biaya perawatan.

Rendy Adrikni Sadikin | Cesar Uji Tawakal

Ilustrasi Motor di Perkotaan. (pexels.com/Robert Wheatley)
Ilustrasi Motor di Perkotaan. (pexels.com/Robert Wheatley)

Mobimoto.com - Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dalam memilih kendaraan. Bisa jadi orang akan menentukan pilihannya karena faktor-faktor seperti merek, jenis motor, desain, spesifikasi dan lain-lain.

Namun di antara itu, salah satu faktor yang lupa dipertimbangkan adalah biaya perawatan! Banyak yang bisa membeli motor dengan harga yang cukup 'wah' namun merasa menderita karena biaya perawatannya cukup mahal.

Oleh karena itu Mobimoto.com telah merangkum beberapa tips yang bisa dijadikan pertimbangan ketika memilih motor berdasar biaya perawatan yang sesuai kantong.

1. Kenali jenis mesin 

Ilustrasi Mesin Boxer Ciri Khas Motor BMW. (asphaltandrubber)
Ilustrasi Mesin Boxer Ciri Khas Motor BMW. (asphaltandrubber)

 

Sebelum memutuskan untuk membeli motor, perhatikan dulu jenis motor dan mesinnya, pastikan sesuai 'budget. Misalnya dalam membeli suatu jenis motor, terkadang dalam suatu segmen motor terdapat berbagai jenis mesin, namun harganya beda tipis sehingga kita bingung dan asal beli karena mengira sama saja padahal tidak.

Ambil contoh, ketika memilih motor 'sport' 150 cc. Di segmen ini ada banyak tipe dan jenis mesin. Perlu diketahui makin sederhana tekologinya, makin murah biaya perawatannya. Misal motor dengan mesin SOHC dan DOHC. Motor dengan mesin DOHC memiliki komponen yang lebih rumit sehingga perawatannya ketika harus ganti onderdilpun lebih mahal dibandingkan SOHC.

2. Makin besar cc makin mahal

Nabila Putri Dengan Motor Gedenya.
Motor gede memiliki biaya perawatan lebih mahal dibandingkan motor biasa.

 

Jika hendak memilih motor dengan kubikasi mesin tinggi, misal 250 cc, makin banyak silinder yang dimiliki pada mesin maka biaya perawatan juga makin mahal. Dan juga walaupun sama-sama multi silinder, motor dengan kubikasi mesin yang lebih besar akan memiliki biaya perawatan yang lebih mahal. Ambil satu contoh simpel, ganti oli. Mesin ber cc kecil hanya perlu satu botol oli sementara pada 'moge' bisa jadi butuh beberapa botol karena mesinnya yang besar.

3. 'Kasta' juga berpengaruh

Komparasi Forza vs Xmax. (enoanderson.com)
Komparasi Forza & Xmax. (enoanderson.com)

 

Dalam memilih motor, selain kubikasi, 'kasta' juga berpengaruh. Kasta di sini maksudnya adalah level motor tersebut, apakah premium atau tidak. Biasanya motor yang didapuk sebagai pengisi kelas premium akan memiliki biaya servis lebih mahal, dengan iming-iming fasilitas lebih dibanding pemilik motor non-premium. Terutama di bengkel resmi.

Itulah beberapa tips yang akan membantu sebagai bahan pertimbangan dalam membeli motor jika ditilik dari biaya perawatannya.

Berita Terkait

Berita Terkini