Tips

Kenali Penyebab Ngantuk saat Berkendara, Jangan Sampai Kecolongan

Biar nggak celaka, kenali penyebab ngantuk saat berkendara berikut.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Mengantuk saat berkendara. (medicalnewstoday.com)
Mengantuk saat berkendara. (medicalnewstoday.com)

Mobimoto.com - Setiap pengendara baik mobil atau sepeda motor pasti pernah mengantuk saat di perjalanan. Hal itu bisa berbahaya dan membuat celaka. Untuk itu, perlu dihindari dan diketahui penyebabnya.

Menurut banyak orang, mengantuk terjadi karena kurang tidur. Padahal hal tersebut tidak selamanya dibenarkan, apalagi mengantuk saat mengemudikan mobil atau sepeda motor.

Dikutip dari laman himedik.com, seorang profesor di Australia menyebutkan, mengantuk dalam perjalanan bisa saja terjadi saat kondisi badan cukup tidur dan istirahat. Getaran lembut yang dihasilkan kendaraan bisa membuat tubuh berangsur-angsur rileks.

Akan berbahaya jika mengantuk tersebut membuat orang terlelap dan tidak bisa mengemudikan kendaraan dengan baik. Kecelakaan bisa saja terjadi.

Nah, sebelum kecolongan kenali penyebab mengantuk saat berkendara berikut.

1. Badan tidak sehat

Badan tidak sehat. (crossfitcyper.com)
Badan tidak sehat. (crossfitcyper.com)

Rasa kantuk bisa disebabkan oleh kondisi badan yang tidak sehat. Bisa juga terjadi karena dan pengaruh obat yang memiliki efek samping mengantuk.

2. Pola tidur tidak teratur

Pola tidur tidak teratur. (huffpost.com)
Pola tidur tidak teratur. (huffpost.com)

Memiliki pola tidur yang tidak teratur merupakan sebuah contoh gangguan tidur. Gangguan tersebut juga menjadi penyebab kantuk saat berkendara.

3. Konsumsi minuman keras

Alkohol. (insiderguides.com)
Alkohol. (insiderguides.com)

Kandungan yang ada di minuman keras bisa menyebabkan orang mengantuk. Untuk itu jangan mengemudi di bawah pengaruh minuman keras.

4. Jalanan yang monoton

Jalanan yang monoton. (luvah.org)
Jalanan yang monoton. (luvah.org)

Selain tiga penyebab di atas, kondisi jalanan yang monoton (panjang dan lurus) bisa membuat bosan kemudian mengantuk. Oleh karena itu, usahakan untuk mengajak teman atau mendengarkan musik selama perjalanan.

Selalu waspada saat berkendara, Sob. Kalau sekiranya merasa ngantuk, lebih baik menepi dan beristirahat dahulu.

Berita Terkait

Berita Terkini