Tips

Tips Aman Menarik Sepeda Motor yang Mogok

Saat mogok, pertolongan yang umum dilakukan adalah meminta pengendara motor lain untuk mendorong.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Praba Mustika

Ilustrasi Motor Mogok. (YouTube)
Ilustrasi Motor Mogok. (YouTube)

Mobimoto.com - Sepeda motor yang mogok karena kehabisan bensin atau mesin yang rewel, memang tidak mengenakkan, Sob, dan pertolongan yang umumnya dilakukan adalah dengan meminta pengendara motor lain mendorong di bagian footstep.

Namun, cara tersebut memang agak berbahaya dan cukup menyulitkan ketika di jalan menanjak dan saat di belokan. Padahal cara yang lebih mudah dilakukan adalah menarik, daripada mendorong.

Tapi sebagian dari kamu, pasti ada yang bingung, deh, bagaimana sih caranya menarik sepeda motor yang benar dan juga aman.

Nah, Mobimoto mau kasih tau kamu cara aman menarik sepeda motor dengan menggunakan tali, seperti dilansir dari Cycle World.

Yang pertama harus disiapkan adalah tali tambang atau tali penarik khusus, dengan panjang sekitar empat hingga enam meter.

Ilustrasi Tali Penarik. (walmart)
Ilustrasi Tali Penarik. (walmart)

 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengikatkan tali ke footstep.

Untuk motor yang menarik, ikatkan tali di footstep sebelah kanan, dan ikatkan tali di footstep sebelah kiri di motor yang akan ditarik.

Pastikan bahwa tali terikat dengan kuat, agar tidak lepas saat sedang ditarik.

Masih bingung, Sob? Coba deh, lihat videonya di bawah ini.

Sumber video: Clinton Smout

Jangan lupa, Sob, pastikan juga tidak ada tali yang menggantung, untuk menghindari risiko tali menyangkut ke roda, dan melajulah secara perlahan.

Semoga bermanfaat ya, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini