Tips

Rawat Mobil Klasik? Ini yang Perlu Disiapkan

Mobil tetap apik, performa ciamik!

Angga Roni Priambodo | Cesar Uji Tawakal

Mobil klasik yang dipajang pada event Holden Day. (mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal
Mobil klasik yang dipajang pada event Holden Day. (mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal

Mobimoto.com - Memiliki kendaraan klasik nan unik tentu menjadi hobi yang asik bagi sebagian orang. Kendaraan-kendaraan lawas ini memiliki pesona tersendiri bagi penggemarnya. Apalagi jika kendaraanya masih kelihatan terawat apik. Kendaraan klasik yang masih apik bisa juga dijual dengan harga tinggi ke tangan-tangan penggemarnya.

Namun punya kendaraan klasik bukan tanpa resiko. Kelangkaan suku cadang menjadi satu diantara beberapa masalah yang sering dialami oleh para penggemar kendaraan jenis ini. Namun tenang, Mobimoto.com punya beberapa tips yang perlu dipersiapkan untuk merawat kendaraan klasik.

1. Punya bengkel langganan

Menurut pak Boji, pemilik Boji Garage, menuturkan bahwa para pemilik mobil klasik selalu punya bengkel langganan yang ahli dalam merawat mobil tertentu. ''Perawatan mobil klasik itu tidak seperti mobil biasa, teknologinya banyak yang manual, sehingga perlu keahlian dan pengalaman lebih.'' ujarnya ketika ditemui mobimoto diajang Holden Day Sabtu (15/9) lalu.

2. Tau penyedia onderdil

Karena suku cadang mobil klasik sudah jarang diproduksi, maka tidak ada salahnya untuk mencari tau bengkel mana saja yang selalu menyediakan onderdil tersebut. ''Tidak semua toko suku cadang menyediakan onderdil dari mobil klasik. Biasanya yang sering menyediakan itu ya bengkel langganan komunitas.'' ujar mekanik asal Bali ini.

Ilustrasi mesin mobil tua. (mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal)
Ilustrasi mesin mobil tua. (mobimoto.com/Cesar Uji Tawakal)

 

3. Telaten

Perawatan mobil 'tua' alias klasik ini memerlukan ketelatenan yang tinggi. Hal ini diperlukan agar komponen mesin yang sudah tua tetap terawat dan berfungsi sebagimana mestinya. ''Perawatan rutin itu perlu, kalo terlanjur 'ngadat' nanti susah karena onderdilnya lama dan jauh pesennya.'' ujar Pak Boji.

4. Siapkan dompet tebal

Perlu diketahui, beberapa onderdil mobil klasik biasanya memiliki harga yang relatif 'mencekik'. Oleh karena itu sebelum memutuskan untuk memboyong mobil jenis ini, harap pertimbangkan biaya perawatannya.

Itulah berapa hal yang dipersiapkan untuk merawat mobil klasik. Ada yang berminat ikutan boyong mobil seperti ini?

Berita Terkait

Berita Terkini