Tips

Ini Yang Perlu Dilakukan agar Aki Mobil Awet dan Tahan Lama

Biar aki mobil tetap awet dan nggak tekor.

Angga Roni Priambodo | Husna Rahmayunita

Perawatan aki mobil. (mycarneedsthis.com)
Perawatan aki mobil. (mycarneedsthis.com)

Mobimoto.com - Pernah mendengar istilah aki tekor? Biasanya, kondisi tersebut menyebabkan kendaraan baik mobil atau motor tidak bisa dioperasikan sebagaimana mestinya. Untuk itu perlu solusi ampuh untuk mengatasinya.

Aki tekor menjadi momok terbesar bagi pemiliki mobil. Aktivitas sehari-hari pun menjadi terganggu saat kendaraan tidak bisa dihidupkan.

Di sisi lain, aki tekor terjadi karena perawatan yang salah meski aki memang memiliki jangka waktu pemakaian.

Nah, biar aki mobil kalian awet dan tahan lama, ikuti langkah yang Mobimoto.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Panaskan mobil secara rutin

Panaskan mobil. (thougt.co)
Panaskan mobil. (thougt.co)

Untuk memperpanjang umur aki, alangkah lebih baik memanasi mesin dengan durasi 5 -10 menit perhari sebelum melakukan perjalanan atau tidak melakukan perjalanan sekalipun.

2. Rajin bersihkan aki

Aki yang kotor menyebabkan mudah tekor karena arus listrik sulit mengalir. Mintalah bantuan bengkel langgannan untuk membersihkan aki.

3. Periksa ketersediaan sistem listrik dalam aki

Cek aki mobil. (lancastertoyota.com)
Cek aki mobil. (lancastertoyota.com)

Agar lebih awet dan tahan lama, rajinlah untuk memeriksa sistem kelistrikan aki agar mesin mobil tetap menyala. Jika sudah menipis, segeralah isi ulang aki mobil kalian.

4. Pilihlah aki sesuai tipe mobil

Di pasaran tersedia aki basah dan aki kering. Agar tidak menyesal setelah ganti aki, pilihlah aki sesuai tipe mobil kalian.

Semoga bermanfaat ya, Sob.

Berita Terkait

Berita Terkini