Tips

Biar Tetap Aman, Ikuti 7 Tips Mengemudikan Mobil Saat Hujan

Saat hujan maupun tidak hujan, tetap berhati-hati di jalan, Sob.

Stephanus Aranditio | Praba Mustika

Biar Tetep Aman, Ikuti 7 Tips Mengemudikan Mobil Di Kala Hujan. (pexels.com/Mary Whitney)
Biar Tetep Aman, Ikuti 7 Tips Mengemudikan Mobil Di Kala Hujan. (pexels.com/Mary Whitney)

Mobimoto.com - Memasuki akhir tahun artinya tidak lama lagi akan juga masuk ke musim hujan. Ada yang harus disiapkan untuk pengguna kendaraan bermotor, baik motor maupun mobil. Bagi pengguna sepeda motor, tentu saja jas hujan tidak boleh ketinggalan.

Namun bagi pengemudi mobil, sebaiknya perhatikan 7 tips mengemudikan mobil dikala hujan, seperti dilansir dari Daihatsu.

1. Perhatikan Tekanan Udara dalam Ban

Isi ban nitrogen. (kokaliselastika.gr)
Perhatikan Tekanan Udara dalam Ban. (kokaliselastika.gr)

 

Memastikan kondisi ban dalam kondisi yang baik, sebaiknya dilakukan secara rutin, Sob. Terlebih saat musim hujan, karena tekanan udara yang pas bisa menjaga mobil agar tidak tergelincir.

2. Cek Kondisi Kontrol Utama

Injak pedal rem. (yourmechanic)
Cek Kondisi Kontrol Utama. (yourmechanic)

 

Kontrol utama berarti kemudi, pedal gas, rem dan kopling, Sob. Periksa jika ada yang dirasa aneh dari hal-hal tersebut. Jangan lupa pastikan semua lampu kendaraan dan wiper berfungsi dengan baik, ya.

3. Jangan Ngebut

Speedometer/pxhere.com
Jangan Ngebut. (pxhere)

 

Baik kondisi hujan maupun tidak, membawa mobil dalam kecepatan tinggi alias ngebut sebetulnya tidak begitu disarankan, lho. Apalagi saat kondisi jalan basah akibat hujan, membawa mobil dalam kecepatan tinggi akan mengurangi cengkeraman ban, dan meningkatkan risiko selip.

4. Selalu Jaga Jarak Aman

Jaga Jarak dengan Kendaraan di Depan. (Unsplash/Ashwini Chaudhary)
Selalu Jaga Jarak Aman. (Unsplash/Ashwini Chaudhary)

 

Disarankan untuk menambah jarak antar kendaraan menjadi tiga sampai empat detik agar memiliki jarak pengereman yang lebih jauh juga.

5. Hati-Hati Saat Melewati Genangan Air

Hati-Hati Saat Melewati Genangan Air. (pixabay)
Hati-Hati Saat Melewati Genangan Air. (pixabay)

 

Saat hujan dan beberapa ruas jalan menjadi tergenang, berhati-hatilah saat akan menerabas genangan air. Takutnya nih, genangann air tersebut memiliki lubang yang agak dalam, dan bisa membuat kendaraan terperosok.

6. Gunakan Lampu Utama

Ilustrasi Lampu Mobil/pxhere.com
Gunakan Lampu Utama. (pxhere)

 

Apalagi saat hujan deras, gunakan lampu utama dan lampu kecil untuk membantu meningkatkan visibilitas. Selain itu, lampu utama juga membantu pengemudi lain melihat kendaraan kamu, Sob.

7. Berhenti, Jika Hujan Terlalu Lebat

Berhenti, Jika Hujan Terlalu Lebat. (YouTube)
Berhenti, Jika Hujan Terlalu Lebat. (YouTube)

 

Hujan yang terlalu lebat, dapat diketahui ketika wiper mobil kamu sudah kesulitan menjaga kejernihan kaca depan. Memaksakan diri untuk terus berjalan, malah akan membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Meski beberapa daerah di Indonesia belum turun hujan, tapi baiknya catat 7 tips mengemudikan mobil dikala hujan. Selalu jaga keselamatan ya, Sob!

Berita Terkait

Berita Terkini